Gempa Tektonik M 4,5 di Sanana Tidak Berpotensi Tsunami

TERNATE, MALUTTODAY. com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan 4,5 magnitudo di Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi pada Sabtu (16/3/2024), sekitar pukul 17.05 WIT dengan kedalaman 17 kilometer. Lokasi gempa berada di koordinat 2.06 lintang selatan dan 125,75 bujur timur (BT).

Bacaan Lainnya

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.


Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Sanana III MMI dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 18:00 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” kata Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Gede Eriksana Yasa. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *