Tahun 2024, Provinsi Maluku Utara Dapat Alokasi Anggaran Sebesar 17,86 Triliun

APBN 2024, (ist)

TERNATE, MALUTTODAY.com — Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Maluku Utara, Tunas Agung Jiwa Brata, menyampaikan bahwa alokasi anggaran di Maluku Utara pada tahun 2024 meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya. Provinsi Maluku Utara mendapat alokasi anggaran sebesar Rp17,86 triliun atau naik 5,87% dari alokasi anggaran tahun 2023. Hal tersebut dikatakan saat penyerahan DIPA dan Buku Alokasi TKD pada tahun 2024 ini dilakukan secara digital bersama kepala daerah di Maluku Utara, Kamis, (14/12/2023).

“Provinsi Maluku Utara mendapat alokasi anggaran sebesar Rp17,86 triliun atau naik 5,87% dari alokasi anggaran tahun 2023. Jumlah tersebut terdiri dari alokasi untuk belanja Kementerian Negara/Lembaga (K/L) sebesar Rp5,36 triliun yang tersebar pada 40 K/L dan Transfer Ke Daerah (TKD) sebesar Rp12,50 triliun untuk 11 Pemerintah Prov/Kab/Kota,” ujar Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Maluku Utara, Tunas Agung Jiwa Brata, dalam siaran persnya

Alokasi belanja K/L yang meningkat sebesar 6,76% (yoy) pada tahun 2024 diarahkan untuk perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), penuntasan infrastruktur prioritas, percepatan transformasi ekonomi hijau, reformasi birokrasi dan aparatur negara, serta pelaksanaan Pemilu dan dukungan untuk Pilkada.

Sedangkan alokasi TKD yang mengalami peningkatan sebesar 5,49% digunakan untuk mendukung pengendalian inflasi, penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan prevalensi stunting, peningkatan investasi, dan peningkatan kualitas belanja daerah.

“Penguatan sinergi dan harmonisasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah diperlukan dalam mengawal APBN tahun anggaran 2024 untuk menghasilkan belanja yang lebih berkualitas (spending better). Melalui belanja berkualitas, APBN diharapkan turut menggerakkan kehidupan ekonomi masyarakat dan memberi dampak ikutan (multiplier effect) secara lebih besar pada kegiatan perekonomian, sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Maluku Utara,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *