Cegah Money Politik, Bawaslu Malut Akan Launching Inovasi Desa Anti Politik Uang

Masita Nawawi Gani.

TERNATE, MALUTTODAY.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) akan launching inovasi cegah politik uang dengan peran serta masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir praktik politik uang pada perhelatan Pemilu tahun 2024 mendatang. Dimana inovasi ini berfungsi mengedukasi masyarakat.

Hal ini disampaikan Masita Nawawi Gani selaku Ketua Bawaslu Malut kepada Maluttoday.com saat diwawancarai di Sahid Bella Hotel Ternate. Selasa, (23/6/2023).

Masita yang juga sebagai narasumber dalam Bimtek KPK RI dengan tema materi wujudkan pemilu berintegritas itu mengatakan, bahwa inovasi dimaksud adalah Desa Anti Politik Uang.

“Wadah itu fokus mengedepankan edukasi kepada masyarakat, dimana Desa Anti Politik Uang itu akan diluncurkan atau dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang,” kata Masita usai memberikan materi pada Bimtek KPK RI.

Menurut dia, desa tersebut dibuat di 10 (sepuluh) kabupaten/kota, hal ini bakal dimaksimalkan pada bulan Agustus.

Masita menjelaskan, penyadaran terhadap bahaya politik uang kepada masyarakat sangat penting upaya meminimalisir potensi politik uang. Dan tidak ada cara lain selain memberikan edukasi kepada masyarakat.

Lanjutnya, inovasi tersebut juga akan diarahkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proses pelaporan jika menemukan adanya indikasi politik uang pada pemilu nanti.

“Kita kerjasama dengan Bawaslu di 10 kabupaten/kota, dan ada pula keterlibatan Panwas, karena terkait dengan waktu dan lokasi kejadian,” jelas Masita.

Masita berharap dari inovasi pencegahan ini adanya kesadaran masyarakat tentang bahaya politik uang, politik SARA (Suku Ras Agama), dan ujaran kebencian bukan hanya pada segi relugasi tapi juga pada segi sosial budaya.

“Jadi diberikan edukasi bagaimana bahaya politik uang dan ketika seorang pemimpin itu dihasilkan dari politik uang, dan masyarakat berani katakan tidak pada politik uang,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *