JCH Malut Resmi Dilepas, Wagub Minta PPIHD Beri Layanan Terbaik

TERNATE, MALUTTODAY.com – 1076 orang jamaah calon haji Provinsi Maluku Utara (Malut) resmi dilepas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut. Minggu (28/5/2023).

Acara pelepasan yang secara langsung dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) M. Al-Yasin Ali ini berlangsung khidmat di Aula Gedung Mina Asrama Haji Transit Ngade.

Diketahui, hadir dalam kesempatan itu pimpinan dan jajaran Forkompimda Malut, pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Malut, kemudian pimpinan OPD Pemprov Malut serta 1076 tamu Allah JCH Malut.

Wakil Gubernur Malut, M. Al-Yasin Ali menuturkan, bahwa pada musim haji ini umat Islam di seluruh dunia, kembali di panggil Allah SWT untuk melaksanakan rukun iman yang kelima, yaitu naik haji bagi yang mampu.

“Penantian bertahun-tahun kaum muslim termasuk umat muslim Maluku Utara terjawab dengan respon Pemerintah Arab Saudi dengan terus memperhatikan tambahan kuota haji Indonesia,” ungkap Al-Yasin saat memberi sambutan.

Dia menjelaskan jika menurut Kementerian Agama (Kemenag) musim haji tahun 2023 ini telah memperoleh tambahan kuota sebanyak 8.000 jamaah termasuk untuk Provinsi Malut.

“Kita berharap dengan adanya kuota tambahan dapat mempermudah jamaah Maluku Utara untuk mewujudkan niat ibadah haji,” cetus Wagub berharap.

Al-Yasin bilang, selaku Koordinator Wilayah Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Provinsi Malut, dirinya ingin ingatkan jika musim haji tahun ini terdapat 31% dari semua JCH adalah jamaah lanjut usia (Lansia).

Oleh karena itu dirinya meminta kepada semua, khususnya ketua-ketua rombongan dan regu yang memimpin jamaah dan kepada jamaah yang berusia muda dapat saling memperhatikan antara satu sama lain.

“Saya juga meminta perhatian khusus kepada PPIHD Maluku Utara agar melakukan pelayanan yang terbaik bagi seluruh jamaah haji Maluku Utara,” tegas Al-Yasin menutup.

Sementara itu Amar Manaf selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Malut, mengatakan jumlah kuota jamaah haji Malut pada musim haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi sebanyak 1076 orang.

“Jumlah tersebut yaitu terbagi dalam 1067 orang jamaah haji dan 9 orang PPIHD Provinsi Maluku Utara,” ungkap Amar saat memberi sambutan pada acara pelepasan JCH di Asrama Haji Ngade.

Amar meyebutkan, dari jumlah tersebut, terdiri dari Kota Ternate sebanyak 268 orang, Kabupaten Halsel 196 orang, Kota Tikep 115 orang, Kabupaten Kepsul 110 orang, Kabupaten Halut 96, Kabupaten Halbar 68 orang, Kabupaten Halteng 70 orang, Kabupaten Haltim 61 Kabupaten Pulau Morotai 45 orang, Kabupaten Talibu 38 orang.

Lanjut Amar, seluruh JCH akan diberangkatkan dalam tiga Kelompok terbang (Kloter), diantaranya Kloter 10 dengan jumlah jamaah sebanyak 393 orang, Kloter 13 berjumlah 393 orang, dan Kloter 16 jamaahnya berjumlah 299 orang.

Dikatakannya, kebarangkatan JCH dalam tiga Kloter itu masing-masing, yaitu Kloter 10 sejak hari ini sudah masuk ke Asrama Haji Ternate dan mulai besok terbang ke Makassar dan menuju Madinah pada Senin 30 Mei 2023.

“Kloter 13 masuk ke Asrama Haji Ternate pada tanggal 31 Mei 2023, dan pada 1 Juni 2023 menuju ke Asrama Haji Sudiang Makassar, kemudian ke Madinah pada tanggal 2 Juni 2023,” jelas Amar.

Sedangkan kloter 16 masuk ke Asrama Haji Transit Ternate pada tanggal 2 Juni 2023, diberangkatkan ke Makassar pada tanggal 3 Juni 2023 kemudian berangkat ke Madinah tanggal 4 Juni 2023. Dimana semua JCH Malut berada dalam gelombang pertama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *