Hadiri Peringatan Hari Kartini, Ini Kata Gubernur AGK

TERNATE, MLUTTODAY.com – Gubernur Maluku Utara (Malut) KH. Abdul Gani Kasuba yang didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Malut, Hj. Faoniah Jaohar Kasuba, mengahadiri acara puncak peringatan hari kartini yang ke-145 tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) bersama OASE Kabinet Indonesia Maju ini dilakukan pula pemberian penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi, bertempat di Roya Resto Kalumpang, Selasa (23/5/2023).

Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba mengatakan, peringatan hari Kartini Ini merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Pemberian penghargaan ini sebagai wujud pemerintah hadir dan peduli dalam memberikan apresiasi kepada perempuan yang berjasa dan berprestasi pada bidang-bidang tertentu.

“Peringatan Hari Kartini di Indonesia merupakan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya,” ujar gubernur dua periode ini.

Dia menyebutkan, perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa dalam membentuk karakter bangsa, yang dimulai dari keluarga sendiri tentunya.

Kemampuan ini pula yang mendasari ibu Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum perempuan.

“Perjuangan para perempuan bukanlah suatu hal yang mudah. Namun perempuan-perempuan Indonesia dengan gagah berani menembus batas-batas sosial, berani bersuara untuk memperjuangkan hak-hak kaumnya, dan bersama-sama dengan kaum laki-laki, meraih kemerdekaan,” ungkap AGK.

Gubernur juga berharap, agar dapat mendorong kinerja dan memotivasi perempuan untuk dapat berperan aktif dan mengabdi kepada masyarakat sehingga dapat terus menginspirasi. Sebab perempuan masih menghadapi berbagai permasalahan yang mengancam kualitas hidupnya. yakni ketidaksetaraan gender, serta mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Ditengah perjuangan menuju pemberdayaan perempuan yang membawa beragam macam tantangan, rintangan dan hambatan, ada suatu hal yang tidak dapat berubah, yakni perempuan Indonesia tetaplah tangguh, kuat dan berani dalam menjadi penopang hidup kaumnya.

“Melalui kegiatan hari Kartini ini, saya berharap kita dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan. Maka, kita semua, baik perempuan maupun laki-laki harus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan,” pungkasnya.

Turur hadir dalam kegiatan tersebut, Mewakili Dirjen Otonomi daerah Kemendagri, Dra. Yudaningsih, Mewakili Forkopimda Malut, Para Kepala OPD Provinsi Malut, Wakil Bupati Halsel, para Ketua Organisasi perempuan Provinsi Maluku Utara, Ketua Darmawanita Malut, para penerima penghargaan, serta tamua undangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *