Gubernur Malut Imbau Warga Berbelanja Sesuai Kebutuhan

SOFIFI, MALUTTODAY.com – Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba (AGK) menghimbau warga Maluku Utara (Malut), agar berbelanja secara bijak sesuai kebutuhan.

Hal ini disampaikan Gubernur Malut, tatkala membuka sekaligus memberi sambutan dalam kegiatan High Level Meeting (HLM) TPID dan Gerakan Pasar Murah 2023.

HLM atau Pertemuan Tingkat Tinggi Tim Pengendalian Inflasi Daerah provinsi Maluku Utara ini berlangsung di Benteng Orange Ternate, Jumat (14/4/2023) pagi tadi.

Gubernur AGK dalam sambutannya menuturkan, bahwa beberapa waktu lalu, dirinya menerima laporan dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara.

“Laporan itu terkait progres pelaksanaan kerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah Maluku Utara,” kata Gubernur Malut dari atas podium.

Menurutnya, dimana laporan tersebut ada beberapa poin penting yang patut untuk diketahui, dan harus ditindaklanjuti oleh TPID maupun penyelenggara pemerintahan di daerah.

“Kita ketahui bahwa perkembangan inflasi pada bulan Maret 2023, dimana Indeks Harga Konsumen kota Ternate mengalami deflasi sebesar 1.26 Persen,” jelasnya.

Dia bilang jal ini berbalik arah dibandingkan dengan tingkat inflasi pada bulan sebelumnya, yakni 1.85 persen.

Dijelaskan, jika deflasi atau penurunan harga secara umum disebabkan oleh turunnya harga sejumlah komoditas pada kelompok makanan dan minuman dengan andil bulanan sebesar -1,65 persen.

Dia sebutkan, penurunan tekanan inflasi terjadi pada komuditas ikan dan sayur kangkung karena didukung oleh faktor membaiknya cuaca pada bulan Februari 2023 kemarin.

“Dari beberapa data umum yang saya sampaikan diatas, saya juga melihat TPID terus melakukan grebek pasar dengan memantau langsung kondisi di lapangan dan berdiskusi tentang dinamika yang terjadi,” ujarnya.

Tentunya, selaku gubernur dirinya sangat berharap kerja keras TPID Malut dapat terus terjadi penurunan tingkat inflasi di Malut dalam setiap bulan.

Ditambahkan, bahwa TPID juga tidak pernah absen mengikuti rapat Inflasi bersama bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk melihat secara global perkembangan inflasi di Indonesia.

Pada kesempatan Rapat Terbatas Tingkat Tinggi hari ini, gubernur menaruh harapan besar agar beberpa poin dalam upaya peningkatan inflasi daerah yang dilakukan oleh Tim TPID dapat terus berjalan dengan baik.

Gubernur Malut dua periode ini bilang, bahwa dikesempatan hari ini juga akan dilakukan Gerakan Pasar Murah yang digagas oleh Bank Indonesia.

“Melalui forum ini, saya minta kepada Tim TPID dan seluruh anggota di lingkup OPD Tekhnis Provinsi Maluku Utara agar bersinergi mendukung upaya tersebut,” tegasnya.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar berbelanjalah secara bijak sesuai dengan kebutuhan saja karena dengan langkah tersebut dapat ikut menekan kenaikan harga,” katanya

Gubernur juga meminta kepada semua Kepala daerah, Mitra Pemerintah Daerah, Kepala Kantor Instansi tekhnis, Para Pengusaha Bahan Makan Pokok serta masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam mendukung Gerakan Pasar Murah pada hari ini.

Diakhir sambutan, gubernur tambahkan selaku kepala daerah provinsi Maluku Utara mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa yang tinggal beberapa hari lagi pergi meninggalkan kita.

“Semoga seluruh amal ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan dapat menjadi ladang pahala untuk bekal menuju akhirat,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *