Luncurkan Serambi, BI Malut Dorong Masyarakat Optimalkan Transaksi QRIS dan Belanja Bijak

Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri : Belanja Bijak di Maluku Utara

TERNATE, MALUTTODAY.com — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara,melaksanakan Kick Off Serambi 2023 Provinsi Maluku Utara. Serambi 2023 merupakan program Bank Indonesia (BI) secara nasional yang diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait penukaran uang dalam menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444H.

“Program serambi 2023 ini sejatinya merupakan implementasi dari tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya, pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah infrastruktur.Lanjutnya, BI mengajak masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah”. Implementasi cinta dengan merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham, yaitu dengan menggunakannya secara bijak.” ujar Indra Gunawan, Deputi Kepala Perwakilan BI Malut.

Indra meyampaikan program Serambi 2023 di Provinsi Maluku Utara, terdapat tiga kegiatan utama yaitu Lalampa (Layanan Kas Keliling bersama Perbankan), Nasi Pulo (layanan dan Sinergi Penukaran Uang Bersama bulog), dan Kolak Kasbi (Kolaborasi Kegiatan perikAnan Sinergi dengan BI).

“Lalampa merupakan program kas keliling yang bekerjasama dengan perbankan dan dilakukan dalam bentuk drive thru dan pembukaan outlet di pusat keramaian sebagaimana detail lokasi dan jadwal terlampir.”terangnya.

“Di luar jadwal dan lokasi Kas Keliling tersebut, BI bersama dengan perbankan telah menyiapkan 67 titik lokasi untuk penukaran uang sebagaimana detail lokasi terlampir. Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling BI, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id),” sambung nya.

Lebih lanjutanya Nasi Pulo dan Kolak Kasbi, merupakan program sinergi dengan Bulog dan Dinas Perikanan Provinsi Maluku Utara untuk penyelenggaraan Pasar Murah produk komoditas pangan (beras, minyak goreng, gula pasir) dan Ikan yang lokasinya bersifat mobile bersamaan dengan program layanan Kas Keliling Bank Indonesia.

“Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah dalam menganggulangi inflasi dan membantu masyarakat untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,”tutur Deputi Kepala Perwakilan  BI Malut, disela-sela Launching Serambi 2023.

Selain di daerah Kota Ternate terdapat juga layanan kas ke 5 kabupaten/kota yaitu kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Timur. Terdapat juga Layanan kas Titipan di Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan dan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara serta terdapat program kolaborasi dengan perbankan di Lelilef, Halmahera Tengah.

Selain hal tersebut, BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya QRIS, memperluas kepersertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP)

“untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idulfitri 1444 H. Sejalan dengan itu, BI menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai,”ungkapnya.

“BI memastikan kesiapan (ketersediaan dan keandalan) sistem dan layanan kritikal BI untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI (tunai dan nontunai), termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi pembayaran.”imbuhnya.

BI juga mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D (dilihat, diraba dan diterawang). Belanja bijak diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan (tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun pembelian), belanja produk dalam negeri (khususnya produk UMKM), dan mengalokasikan dana secara tepat (berhemat dan menabung).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *