BI Malut, Sediakan Uang Tunai Rp 876 Miliar Buat Ramadan dan Lebaran

BI Malut Sediakan Mobil Kas Keliling Penukaran Uang, Selasa, (21/3/2023) (Foto : Dc/Maluttoday)

TERNATE, MALUTTODAY.com — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara, meluncurkan kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023. Kegiatan ini dimulai dari 21 Maret hingga 20 April 2023. Salah satu kegiatan Serambi ini adalah pemenuhan uang kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini, BI Malut menyediakan uang tunai sebanyak Rp 867 Miliar.

“Kita bersinergi dengan perbankan, Bulog dan Dinas Perikanan Provinsi maluku utara, melaunching kick  off, Serambi Semarak Rupiah Ramadan dan berkah Idul Fitri 2023, dan tujuh perbankan untuk memenuhi uang tunai di masyarakat yang dilakukan  hari ini 21 Maret sampai 20 April  2023,” ujar Indra Gunawan, Deputi Kepala Perwakilan BI Malut, usai melaunching Semarak Ramadan dan Berkah Idul fitri, di Halaman Kantor perwakilan Bank Indoensia Maluku Utara, Selasa, (21/3/2023).

Indra mengatakan, dalam rangka untuk memenuhi penukaran uang pihaknya telah menyiapak sedikinya uang tunai Rp 876 Miliar, yang akan disebar di provinsi maluku Utara, bahkan tahun ini kebutuhan uang meningkat tiga persen dari tahun sebelumnya.

Kick Off SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) 2023, Selasa (21/3/2023) (Foto : Febri/ Maluttoday)

“Sedang uang tunai sendiri yang kita siapakan di provinsi maluku utara adalah sebanyak 867 miliar, meningkat tiga persen dari tahun sebelumnya, yang akan kita distribusikan juga bukan hanya di Ternate, tapi di seluruh maluku utara, dari morotai sampai sanana,” jelasnya

Lanjutnya kegiatan ini berlangsung secara nasional di indoensia, bank indonesia menyediakan penukaran uang 5056 titik, dengan ketersedian uang sebanyak Rp 195 triliun. Diseluruh indoensia.

“Secara nasional bank indoensia, membuka layanan penukaran uang di 5056 titik dengan kesiapan uang tunai 195 triliun, ini meningkat sekitar 8,22% persen, dari tahun sebelumnya,”ungkap Deputi Kepala Perwakilan BI Malut.

“Selain melakukan penukaran uang di masyarakat kami bersinergi dengan bulog dan perikanan, karena sebagaiman kita ketahui akhir-akhir ini, inflasi kita mulai meningkat, dengan salah satunya kita mencoba operasi pasar, dari bulog dan perkianan selain dari kita bank indonesia juga untuk menenuhi kebutuhan penukaran uang tunai,” imbunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *