Warga Serahkan Senjata Organik Jenis Arisaka dan 5 Butir Amunisi Kaliber ke Satgas TNI

Satgas TNI Yonarhanud 3/Yby, kembali menerima 1 Pucuk Senjata Organik Laras Panjang

HALUT, MALUTTODAY.com — Satgas TNI Yonarhanud 3/Yby, kembali menerima 1 Pucuk Senjata Organik Laras Panjang Jenis  Arisaka Tipe 38 “208052” dan 5 Butir Munisi Kaliber 7,62 mm dari warga Desa Soatobaru, Kecamatan Galela Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Senin (27/02/2023) kemarin.

Komandan Satgas Yonarhanud 3/Yby, Letkol Arh Achmad Yani, dalam siaran persnya, Selas, (28/2/2023), mengatakan penyerahan senjata organik jenis Arisaka kepada Pos Soatobaru berawal dari kegiatan Komsos dan Pengecekan kesehatan Door to door kepada masyarakat Desa Soatobaru.

“Senjata organik bukan hanya standar TNI/Polri tetapi juga senjata api yang digunakan oleh Militer/Kepolisian atau petugas berwenang suatu Negara, seperti jenis Arisaka ini adalah senjata yang digunakan Negara Jepang,” kata Dansatgas Letkol Arh Achmad Yani.

Sementara itu Danpos Soatobaru, Sertu M. Salehoddin, menceritakan pada saat melaksanakan pengobatan keliling tiba-tiba hujan dan berteduh dirumah bapak Junaidi, sembari menunggu hujan reda minum teh dan berbincang mengenai tugas satgas Pamrahwan.

1 Pucuk Senjata Organik Laras Panjang Jenis Arisaka Tipe 38 “208052” dan 5 Butir Munisi Kaliber 7,62 mm

Dalam perbincangan Sertu M. Salehoddin, menanyakan keberadaan bapak Junaidi pada saat terjadi konflik,  dan dijelaskan bahwa saat konflik sudah mengungsi di tempat saudara di Ternate. Namun setelah konflik selesai kembali kerumah tetapi rumah sudah menjadi puing rata dengan tanah.

“Setelah mendengar banyak penjelasan junaidi merasa lega dan senang karena tidak menginginkan konflik terjadi kembali. Kemudian menyampaikan bahwa saudaranya ada yang masih memiliki senjata api di Subaim dan akan menyerahkan kepada pos satgas,”jelas saleh.

Lebih lanjutnya, Salehoddin kemudian menghubungi Danki SSK III Lettu Arh Sumardiono melaporkan bahwa ada Warga yang memiliki senjata Organik Arisaka ingin menyerahkan senjatanya dan ditindaklanjuti melaporkan hal tersebut kepada Komandan Satgas Pamrahwan Yonarhanud3/YBY Letkol Arh Achmad Yani.

Sesampainya di Subaim, junaidi mengajak danpos Soatobaru Sertu M. Salehoddin, serda Wahyudi Sugondo dan Prada Rexy Alwan Ramadhan menuju ke Rumah Saudaranya. Setelah sampai di rumah saudaranya.

Dikatakanya dalam percakapan tersebut juga disampaikan bahwasanya Senjata yang akan diserahkan tidak berada di rumah yang sekarang, melainkan berada di Rumah Kebun.

“Sesampainya disana kemudian senjata tersebut diserahkan kepada Sertu Solehudin Beserta 5 Butir Munisi Tajam Kaliber 7,62 mm,” ujar Solehuddin.

Hingga saat ini senjata yang diserahkan kepada satgas Pamrahwan Maluku Utara Yonarhanud 3/Yby,  sebanyak 57 pucuk dengan rincian senjata rakitan 55 pucuk, terdiri dari laras panjang 38 pucuk dan laras pendek 17 pucuk. Senjata Organik 2 Pucuk,  Munisi Campuran  85 Butir  serta Bahan peledak 4 Buah yang terdiri dari Granat  3 Buah dan Ranjau 1 Buah.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *