Puncak HUT ke 51, Basarnas Ternate Gelar Upacara dan Syukuran

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman,

TERNATE, MALUTTODAY.com — Kantor Basarnas Ternate melaksanakan puncak HUT Basarnas yg ke 51 dengan upacara dilapangan upacara Basarnas Ternate dan syukuran pada selasa (28/02/23).

Pelaksanaan upacara di diikuti oleh seluruh personil Basarnas Ternate, baik dari rescuer dan ABK (crew kapal) dari KN SAR Pandudewanata, Honorer dan dihadiri juga oleh Dharma Wanita Persatuan Kantor Basarnas Ternate.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman, membacakan amanat dari Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Basarnas yang kita banggakan genap berusia 51 Tahun. Dalam rangka memperingati ulang tahun Ke- 51 Basarnas mengambil tema “Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa”.        

Tema  tersebut merepresentasikan semangat dan tekad kita, untuk memberikan pelayanan sar yang terbaik kepada masyarakat. Hal itu sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan, dimana tugas Basarnas adalah menyelenggarakan pencarian dan pertolongan pada kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, kecelakaan transportasi dengan penanganan khusus, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia.

“Selama 51 Tahun,  Basarnas telah melalui berbagai tantangan dan rintangan. dinamika yang terjadi selama ini telah memperkokoh fondasi basarnas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di bidang pencarian dan pertolongan. Pada kesempatan ini kita juga patut bersyukur atas capaian penghargaan yang diperoleh basarnas,” ujar Fathur, saat membacakan amant Kepala Basarnas RI

Lanjutnya Pada kesempatan ini perlu saya sampaikan bahwa presiden republik indonesia, Bapak Joko Widodo, memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja basarnas selama ini. Menyampaikan penilaian, bahwa respon basarnas dalam Pelaksanaan Operasi Sar  sangat cepat.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya minta kepada seluruh pegawai di lingkungan Basarnas untuk mempertahankan dan meningkatkan reputasi tersebut.

“Presiden juga memberikan arahan, bahwa kita harus meningkatkan kewaspadaan mengingat eskalasi kegawatdaruratan di negara kita tercinta ini mengalami peningkatan secara drastis. data menyebutkan, selama rentang waktu tahun 2010 sampai dengan tahun 2022, terdapat kenaikan sebesar 81%. sehingga hal ini kita perlu waspadai bersama-sama,” jelasnya.

Fathur mengatakan, bahwa peralatan yang kita miliki saat ini harus ditingkatkan  sesuai dengan perkembangan teknologi sehingga proses operasi sar dapat dilaksanakan lebih cepat, aman  dan selamat.

“Bapak Presiden menginstruksikan kepada kita untuk melibatkan masyarakat dalam proses pencarian dan pertolongan. basarnas diminta  mengedukasi masyarakat secara masif, khususnya masyarakat yang berada di kawasan rawan kedaruratan. masyarakat diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar sar serta kewaspadaan dan mampu melakukan menyelamatkan diri sendiri sebelum membantu korban yang ada di sekitarnya,” kata Fatur dalam membcakan amanat.

Dimasa mendatang kita berharap agar basarnas dapat terus meningkatkan kinerjanya dan memberikan pelayanan sar terbaik kepada masyarakat melalui berbagai upaya yaitu Meningkatkan kemampuan sdm dengan pelatihan dan pengembangan yang lebih intensif, Memperkuat kerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti kementerian/ lembaga, TNI/POLRI, organisasi masyarakat, dan organisasi internasional, Mengembangkan dan memperkuat infrastruktur dan teknologi informasi dan komunikasi, Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencarian dan pertolongan, Meningkatkan pelayanan basarnas kepada masyarakat indonesia.

“Sebagaimana saudara-saudara ketahui, terdapat beberapa Operasi Sar yang cukup besar di beberapa waktu belakangan ini, khususnya gempa bumi, baik skala nasional maupun  internasional. Pertama, gempa bumi di cianjur yang terjadi pada tanggal 21 November 2022 pukul 13:21 WIB. dengan magnitudo 5,6 dan kedalaman 10 km. Alhamdulillah, pelaksanaan operasi sar gempa bumi cianjur dapat dilaksanakan dengan baik, bekerja sama dengan seluruh potensi sar,”ungkapnya.

Setelah Upacara Peringatan HUT Basarnas ke 51, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan ramah tama bersama seluruh anggota dan dharmawanita yang dilaksanakan secara virtual atau daring juga bersama anggota di Pos Sar Tobelo, Unit Siaga Sar Bacan, Unit Siaga Sar Morotai dan Unit Siaga Sar Sanana. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *