Pemprov Malut Siapkan Ratusan Miliar untuk Gaji PPPK Tahun 2023

SOFIFI, MALUTTODAY.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) nampaknya sudah sediakan payung sebelum hujan mengenai pembayaran gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pasalnya Pemprov Malut tak lagi ingin melihat tersendatnya pembayaran gaji PPPK seperti tahun 2022 lalu, sehingga ditahun 2023 ini Pemprov Malut sudah menyediakan Rp. 187 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal ini disampaikan Samsuddin Abdul Kadir selaku Sekretaris Provinsi (Sekprov) Malut saat diwawancarai sejumlah wartawan, Senin (13/2/2023).

“Mereka punya gaji PPPK juga masuk di dalam APBD tahun 2023, itu akan ada,” ujar Samsuddin.

Menurutnya, jika yang tahun lalu memang agak rumit soal pandangan tentang pembayaran sebab akan dibayar menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Waktu itu kan begitu, karena anggaran tidak tersedia. Kemudian juga kita kemarin di perubahan anggaran di mana diakhir-akhir itu terdapat kesulitan fiskal, akan tetapi tetap hal tersebut dijadikan proses,” jelasnya.

Sementara pihaknya tetap meminta Dinas terkait untuk memproses berbagai hal mengenai persoalan ini. Sebab kalau PPPK wajib karena itu menyangkut gaji, di mana jika gaji maka anggarannya wajib.

Lanjutnya karena yang tahun sebelumnya yang jadi permasalahan, di mana waktu itu informasi yang pihaknya dapatkan akan dibayar dengan APBN ternyata menjadi beban APBD hal itu yang kemudian menjadi kesulitan.

“Kalau di tahun 2023 aman karena sudah dilebel APBDnya, jadi ada Rp 117 sampai Rp. 187 Miliar yang dialokasikan didalam Dana Alokasi Umum (DAU) itu sebagai gaji PPPK, dan itu sudah ada uangnya,” sebutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *