Pohon Berusia 20 Tahun Tumbang Timpa Mobil dan Rumah Warga di Ternate

Pohon berukuran Besar Tumbang Timpa Rumah dan Mobil

TERNATE, MALUTTODAY.com – Sebuah pohon berukuran besar berusia 20 Tahun Tumbang dan penimpah rumah dan mobil berwarnah merah di Kelurahan Dufa-dufa, Kecamatan Ternate Utara, KotaTernate, Maluku Utara, Minggu (29/1/2023) akibatnya rumah mengalami keruskan dibagian atap rumah.

Bacaan Lainnya

Pohon Trembesi atau bernama latin (Samanea saman)tumbang sekitar pukul 7.00 wit, beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, langsung bergerak cepat melakukan upaya evakuasi Batang Pohon dan pembersihan ranting pohon yang tumbang.

Kondisi Bangunan Rumah Pasca tertimpa Pohon Tumbang

“ Memang pada hari ini saya juga ada agenda untuk Ternate Utara, tetapi tadi saat mau pangkas di wilyah utara, tapi sudah terjadi tumbang sekitar  7.00 wit, karena mungkin cuaca tidak bagus karena semalam hujan jadi tumbang, tetapi kita juga antisipasi,untuk pohon-pohon yang berada di sepanjang jalur ini.”ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan, Muchlis Latif, Kepada Maluttoday.

Muchlis mengatakan, mengatakan pohon tersebut diperkirakan berusih sekitar 20 Tahun, sehingga pihaknya kedepan akan melakukan pemangkasan di sepanjang jalan sampai di Bandara.

“Untuk pohon yang tumbang tadi memang tidak ada korban jiwa hanya bangunan saja, nama pohon ini Trembesi usianya sudah berkisar 20 tahun, termasuk lama, makanya kita kedepan ini akan pangkas pohon trembesi yang ada termasuk sampai bandara juga,”terangnya.

Petugas DLH,BPBD,Babinsa dan warga Lakukan Pemberisahan

Sementara itu Kepala BPBD Kota Ternate,MuhammadIhsan Hamzah,mengatakan bangunan rumah yang rusak langsung ditangani oleh Pemerintah Kota Ternate,melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, memberikan bantuan stimulan untuk biaya perbaikan keruskan bangunan.

“Peristiwa ini satu rumah rusak, kita langsung tangani berikan sedikit stimulan dari pemerintah kota,untuk biaya perbaikan rumah tersebut,” kata Ihasan, saat ditemui dilokasi kejadian.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Kata Ihsan akan berkoordinasi  dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH)Kota Ternate,untuk melakukan upaya penataan kembali pohon yang berada di Ternate.

“ kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi kita akan berkoordinasi dengan pihak DLH, untuk menata kembali pohon-pohon yang berada di sepanjang jalan di Ternate,karena rilis dari BMKG juga kita masih menghadapi cuaca esktrem,”tandasnya.

Akibat dari peristiwa tersebut jalan menuju bandara,Kampus Universitas Khairun dan arah sebaliknya menuju terminal Kota Ternate dialihkan sementara. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *