Jadi Narasumber pada FGD Rempah, Sri Hatary Pertegas Komoditas Rempah

TERNATE, MALUTTODAY.com – Mewakili Gubernur Maluku Utara, Asisten II Sri Haryanti Hatari menghadiri Focus Group Discussion (FGD) jalur rempah yang digelar Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara (Malut) yang berlangsung di Royal Resto. Kamis (19/1/23).

Sri Haryanti Hatari juga menjadi pemateri FGD dengan tema “menyongsong jalur rempah sebagai warisan budaya dunia antara sejarah dan realita.”

Seperti tema tersebut, hal ini merupakan strategi penting peningkatan ekonomi daerah dalam mendorong pengembangan lokal economic dan posisi Maluku Utara sebagai jalur rempah dunia dan kegiatan Indonesia Space Up The World (ISUTW).

Maka dalam rangka memperkuat strategi tersebut, BI Perwakilan Malut melaksanakan FGD antar pemangku kepentingan, khususnya melibatkan Pemerintah Provinsi Malut, Pemerintah Kota Ternate dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. 

Asisten II Sri Haryanti Hatari saat menjadi narasumber dalam kegiatan FGD menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Ternae tertuama telah berupaya keras dalam mempromosikan “Branding City” sebagai Kota Rempah.

Menurutnya, Maluku utara secara historis dikenal sebagai pusat perdangangan sehingga semua pihak harus komitmen dalam berkolaborasi mendorong komoditas rempah yang ada di Maluku Utara.

“Kami mendukung sepenuhnya pengakuan sebagai jalur rempah,” ucap Sri.

Dia mengharapkan komoditas pala dan cengkih yang dikenal sebagai komoditas rempah yang memiliki kejayaan di masa lalu agar mendapat perlindungan terutama tidak ditebang saat membangun infrasturktur.

FGD ini, banyak hal telah disikusikan terkait dengan indentitas jalur rempah. Dengan mempromosikan brand rempah yang dimiliki diharapkan dapat mendorong sektor ekonomi kreatif baik melalui pariwisata maupun aspek kebudayaan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM.

Hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Ternate M. Tahuid Soleman, Anggota DPRD Provinsi Malut, Ishak Naser, Rektor Unkhair M. Ridha Ajam, Deputi BI Perwakilan Malut, Indra Gunawan, para OPD Kota Ternate dan Kota Tidore kepulauan, Sekkot Ternate Jusuf Sunya serta tamu undngan laninnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.