Akibat Cuaca Buruk, Speed Boat Tuguwaer Alami Gangguan Mesin di Perairan Tidore,Basarnas Lakukan Pengawalan

TERNATE, MALUTTODAY.com — Sebuah Sped Boat  Tuguwaer berpenumpang 16 orang mengalami mati mesin di perairan Tidore dan Ternate, akibat di hantam Gelombang tinggi, Sabtu, (7/1/2023).

Spead boat tiga mesin tersebut berangkat dari Sofifi – Ternate.Namun dalam perjalanan tiba-tiba 2 mesin mengalami gangguan dan tidak bisa hidup,sehingga hanya mengandalkan satu mesin.

Badan pencarian dan pertolongan (Basarnas) Ternate,yang menerima laporan kejadian dari penumpang langsung bergerak ke lokasi kejadian perkara (LKP) Sped Boat.Menggunakan RIB Basarnas, Speed Boat dikawal hingga tiba di Ternate, dan seluruh penumpang dalam keadaan selamat.

“Kami imbau kepada masyarakat dan operator speed boat maupun kapal agar tidak memaksakan berlayar saat kondisi gelombang tinggi, angin kencang dan hujan Lebat,” ujar Kepala Basarnas Ternate,Fathur Rahman,dalam keterangan persnya.

Fathur,mengatakan sebelum berlayar perlengkapan alat keselamatan dan mengecek perkembangan cuaca serta tidak melebihi kapasitas penumpang dan muatan

“Melengkapi prasarana alat keselamatan berlayar life jacket, life craft, life buoy,tidak melebihi muatan saat berlayar,selalu memantau perkembangan cuaca yang dikeluarkan BMKG. apabila mengalami kendala saat berlayar segera hubungi Basarnas emergency call basarnas (115) WhatsApp ( 0813 5252 8454)Telp  (0821 – 3120069)atau instansi terkait,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *