Kansar Ternate, Resmi Tutup Siaga SAR Khusus Nataru 2023

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate,Fathur Rahman, resmi menutup Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2023

TERNATE, MALUTTODAY.com –  Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate,Fathur Rahman, resmi menutup Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2023, Penutupan  Siaga SAR di tandai dengan upacara yang berlangsung Halaman Kantor Basarnas, Kelurahan Jambula, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu, (04/1/2023).Meski Siaga SAR Khusus Nataru di tutup,namun personil dan alut tetap disiagakan.

“Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 telah berjalan dengan baik dan seluruh personil dalam keadaan sehat hingga penutupan siaga SAR Khusus ini, namun kita tetap tinggal kesiapsiagaan. Baik itu kesiapan Personil serta kesiapan Alut. Karena musibah maupun bencana sewaktu-waktu dapat terjadi,” ujar Fathur Rahman.

Fatur mengatakan, Pelaksanaan koordinasi dengan instansi potensi SAR yang berada di wilayah kerja Kantor secara bersama sama telah melaksanakan Siaga SAR khusus baik di Pelabuhan maupun Bandara serta obyek wisata lainnya.

“Telah dilaksanakan sinergi yang baik, seperti bersama-sama memantau penumpang yang datang dan berangkat baik di posko bandara maupun di pelabuhan, Personil yang berada di Pos SAR Tobelo, Unit Siaga Sar Bacan, Unit Siaga Sar Morotai, dan Unit Siaga Sanana.” Terang Fatur.

Dalam pelaksanaan siaga Sar Khusus ini Basarnas Ternate, mendapat 5 kejadian musibah maupun kondisi membahayakan jiwa manusia.Diantaranya musibah kapal feri mengalami mati mesin di perairan Sofifi, kondisi membahayakan jiwa manusia satu diantara satu warga Ternate,tenggelam di Pantai Dorpedu Ternate, Satu warga Halut, tenggelam saat memanah ikan di Pulau Meti dan 3 orang hanyut dengan Longboat di perairan Desa Tobalai,Halmahera Selatan dan 1 warga  hanyut saat melaut di perairan Desa Kepulauan Sula.

“Semua kejadian tersebut dapat ditangani dengan baik oleh personil yang di tugaskan,”tandasnya.

Perlu diketahui Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru sendiri dilaksanakan dari tanggal 18 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. Apel Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru Basarnas Ternate ini diikuti oleh para pejabat dan seluruh personil. (Dc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.