Siaga Nataru, Basarnas Ternate Tempatkan Personel di Pelabuhan dan Unit Pos SAR

Penyematan Pita oleh Kepala Basarnas Ternate,Fathur Rahman (foto :Humas Basarnas Ternate/ican)

TERNATE,MALUTTODAY.com – Jelang natal dan tahun baru (Nataru), Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate,Maluku Utara, akan menyiagakan personelnya di sejumlah tempat, seperti pelabuhan, tempat wisata dan Unit pos. Selain personel juga disiapkan sejumlah alat pendukung operasi SAR, KN. SAR 237 Pandudewanata, Kapal RB 309, Rigit Inflatable Boat (RIB), Perahu Karet, Kendaraan Operasional, Peralatan SAR Laut dan peralatan SAR darat yang tersebar di Maluku Utara.

Penempatan personel tersebut ditandai dengan apel gelar pasukan dan peralatan SAR dalam rangka siaga SAR khusus natal 2022 dan tahun baru 2023, di lapangan upacara kantor Basarnas Ternate, Senin (19/12/2022) pukul 08.00 Wit. Siaga SAR khusus nataru tersebut akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu kedepan, dimulai dari 19 Desember 2022-03 Januari 2023.

“Basarnas Ternate menyiagakan personel seperti di Bandara Sultan Babullah Ternate, Pelabuhan Dufa-dufa, Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua dan Pelabuhan Bastiong serta Pelabuhan Feri Ternate. Serta personel yang berada di Pos maupun Unit seperti di Pos SAR Tobelo. Unit siaga SAR Bacan, Unit Siaga SAR Morotai dan Unit Siaga SAR Sanana,” ujar Fathur dalam siaran persnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Fathur Rahman menyampaikan pada seluruh personel Basarnas Ternate, agar lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya musibah dan bencana.

“Akhir-akhir ini kondisi cuaca yang tidak menentu dengan intensitas hujan lebat menjadi perhatian dengan resiko kelompok rentan menjadi lebih tinggi,” kata Fathur di hadapan personel Basarnas Ternate.

Orang nomor satu di lingkungan Basarnas Ternate tersebut juga menyampaikan kepada para personel agar respon time selalu ditingkatkan apabila sewaktu-waktu terjadi musibah maupun bencana.

“Dan, tentunya selalu utamakan safety dalam bertugas serta menjaga kesiapan diri juga peralatan dan kesehatan agar selalu siap bertugas,” tutur Fathur. (Iad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.