Terima Uang Ganti Rugi Rp 80 Juta, Korban Penganiayaan oleh Polisi Cabut Laporan

TERNATE, MALUTTODAY.com – Mahasiwa korban penganiayaan atas nama Yulius Yatu alias Ongen yang diduga dilakukan 3 anggota Polres Halmahera Utara mencabut laporan dan memilih berdamai.

Hari ini Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku Utara, melakukan gelar perkara penghentian kasus tersebut melalui restorative justice (RJ), tanpa dihadiri korban.

Padahal 3 anggota Polres Halmahera Utara, masing-masing atas nama Bripda Fidyanto Rigi Cakarboty Kroons (21) Bripda Djarja (22) dan Bripda Sofyan Potabuga (20). Mereka telah berstatus sebagai tersangka dan telah dilakukan penahan.

Sesuai data yang diterima wartawan, terdapat 1 lembar kwitansi yang ditanda tangani korban, menerima uang pemulihan dan hak-hak korban atas perestiwa penganiayaan dari 3 orang tua tersangka sebesar Rp 80 juta. Kwitansi yang ditanda tangani penerima Yulius Yatu dengan materai Rp 10.000.

Selain itu korban dan tersangka telah membuat surat pernyataan perdamaian dan langsung ditandatangani di atas materai Rp 10.000 dan ditanda tangani 6 orang saksi.

Yulius Yatu yang ditemui wartawan saat pengajuan pencabutan laporan di Kantor Ditreskrimum Polda Maluku Utara mengakui pencabutan laporan atas kemauanya sendiri. “Tekanan tidak ada, ini saya punya mau sendiri untuk damai,” kata Yulius.

Yulius mengucapkan terima kasih kepada LBH Marimoi, Kontras, yang telah mengawal proses hukum sejauh ini. “Terima kasih sudah dukung saya,” pungkasnya.

Sementara itu orang tua Bripda Fidyanto Rigi Cakarboty Kroons mengucapkan banyak terima kasih kepada korban dan pihak-pihak yang turut membantu.

“Terima kasuh banyak. Karena pencabutan laporan perkara ini tidak ada paksaan, ini keinginan dari Ongen sendiri,” ucapnya.

Ia bilang, dirinya juga mengucapkan permohonan maaf atas perlakuan anaknya yang telah melakukan tindakan yang tidak menyenangkan itu. “Kami mohon maaf atas tindakan anak kami kepada korban,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.