Beri Penyuluhan Hukum, Jaksa Ingatkan Camat dan Lurah Pidana Tipikor Cukup Berat

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara, memberikan penerangan dan penyuluhan hukum tindak pidana korupsi terhadap camat dan lurah di Kecamatan Pulau Ternate, Senin (7/11).

Langkah Kejati Maluku Utara guna meminimalisir pelanggaran hukum. Penyuluhan ini dipimpin di Kasi Penkum, Richard Sinaga dan didampingi Kasi A. Sumarlin, dihadiri Camat dan Luruh se-Kecamatan Pulau Ternate.

Richard Sinaga mengatakan penerangan dan penyuluhan hukum yang dilakukan, untuk memberikan pemahaman kepada pemangku kebijakan terkait hal-hal yang mengakibatkan pelanggaran hukum.

“Materi yang diangkat lebih mengarah pada tindak pidana korupsi (Tipikor),” ucap Richard.

Richard menambahkan, dengan penyuluhan dan penerangan hukum yang pihaknya lakukan ini ada inputnya nantinya, minimal pihaknya sama-sama bisa terhindar dari hukum.

“Kita ketahui bersama pelanggaran tipikor cukup berat hukumnya,” tegasnya.

Richard menambahkan, untuk menghindari permasalahan hukum pihaknya memberikan edukasi, dengan melakukan tugas dan fungsi tanpa melakukan penyimpangan.

“Bagaimana melaksanakan tugas pokok dengan baik dan bagaimana mempertanggungjawabkan kegiatan itu dengan benar, itulah adalah cara menghindari permasalahan hukum,” pungkasnya.

Terpisah, Camat Pulau Ternate Roynasir menyampaikan, pihaknya sangat senang didatangi dan mendapat pencerahan hukum dari Kajari, dengan harapan kegiatan terus berlanjut dan berkesinambungan.

“Saya rasa ini penyuluhan ini sangat penting, karena bisa memberi pemahaman terhadap kami di kecamatan maupun lurah-lurah kita yang berada di wilayah, sehingga bisa menjalankan tugas sesuai aturan dan petunjuk teknis agar permasalahan hukum tidak terjadi,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.