Polda Maluku Utara Luncurkan Aplikasi Sikompak, Untuk Mudahkan Masyarakat Pantau Laporan

TERNATE, MALUTTODAY. com – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara, resmi melaunching aplikasi Sistem Informasi Komplain Pintar Kieraha (Sikompak) untuk memudahkan masyarakat untuk memantau laporan yang telah dibuat di Polda maupun Polres jajaran.

Aplikasi Sikompak yang bisa di download di Play Store ini, merupakan proyek perubahan AKBP Hengky Setiawan pada pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II BNN-RI tahun 2022.

Dalam pelaksanaan, Wakapolda Maluku Utara, Brigjen (Pol) Eko Para Setyo Siswanto langsung melaunching aplikasi Sikompak.

“Saya rasa aplikasi ini sangat mendukung, kinerja penyidik dan juga masyarakat bisa langsung mengawasi apa yang sudah dilaporkan,” jelas Eko disela-sela launching aplikasi Si Kompak, Jum’at (16/9)

Peluncuran aplikasi ini sudah berdasarkan program Kapolri, terkait dengan pengawasan masyarakat pencari keadilan dan ini sudah dibuat AKBP Hengky Setiawan.

“Sebagai pemimpin, saya sangat mengapresiasi dan mensuport apa yang sudah dilakukan ini, guna memenuhi kinerja penyidik,” katanya.

Jenderal bintang satu ini berharap, aplikasi Sikompak ini bisa digunakan dan dimanfaatkan bagi seluruh stekholder, serta masyarakat Maluku Utara dengan sebaik-baiknya. Karena aplikasi ini digunakan sebagai alat kontrol serta komunikasi masyarakat.

“Saya harap dengan peluncuran aplikasi ini masyarakat bisa digunakan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sementara itu, AKBP Hengky Setiawan untuk peluncuran aplikasi ini sebagai pengembang fungsi pengawasan dalam mewujudkan pelayanan pengaduan masyarakat.

Pelayanan pengaduan masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien, selain itu untuk stekholder bisa memberikan masukan dan saran bagi kinerja penyidik,” ucapnya.

Kabag Wasidik Polda Maluku Utara ini menambahkan, bagi masyarakat bisa mendapatkan akses pelayanan secara online, maupun offline.

“Dari sisi mekanisme pelaporannya, masyarakat bisa mengadu melalui handphone dengan sudah mendownload aplikasi Sikompak, lalu tulis aduan sesuai form yang tertera dalam aplikasi dan kirim,” ucapnya.

Setelah kirim nantinya tim aplikasi langsung memferivikasi data aduan masyarakat dan akan ditindaklanjuti penyidik. Untuk pengaduan offline juga masyarakat bisa melaporkan ke Bhabinkamtibmas dan akan diarahkan untuk melaporkan lewat aplikasi.

“Kita luncurkan perdana masih di Polres Ternate, sebagai pilot projects awal nantinya berhasil baru ditetapkan ke Polres jajaran lain,” akunya.

Perwira berpangkat dua bunga melatih berharap, dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa mempergunakan dengan sebaik-baiknya.

“Jika aduan hanya main-main maka jelas akan ada sanksinya,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *