Hari Pertama Berkantor di Sofifi, Kapolda Maluku Utara Gelar Apel Personel dan Peralatan

SOFIFI, MALUTTODAY.com – Aktivitas Polda Maluku Utara resmi berpindah dari Ternate ke Sofifi terhitung mulai tanggal 1 September 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Irjen Pol. Risyapudin Nursin, saat memimpin apel gelar personel dan peralatan di Mako Polda Maluku Utara yang berada di Sofifi, Kamis (01/09).

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan syukuran atas kepindahan Polda Maluku Utara ke Sofifi yang dihadiri juga Gubernur Maluku Utara, Forkopimda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara, PJU Polda Maluku Utara, Danlanal Ternate, Kapolres Tidore serta personel Polda Maluku Utara.

Dalam arahannya, Kapolda menyampaikan bahwa berdasarkan UU Nomor 46 Tahun 1999 tentang pembentukan Provinsi Maluku Utara, kita diamanahkan untuk menjadikan Sofifi menjadi Ibu Kota Provinsi, oleh karena itu kita diberikan tanggung jawab untuk berpindah dari Mako Polda di Ternate menuju Mako Polda Sofifi guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota.

“Terhitung hari ini, 1 September 2022, Polda Maluku Utara telah memobilisasi 50 persen anggota dan kendaraan untuk beroperasional di Sofifi, dan pada awal tahun 2023 diharapkan Polda Maluku Utara sudah beroperasional sepenuhnya di Sofifi,” ujarnya.

Risyapudin menambahkan, guna mendukung percepatan pembangunan di Sofifi, Polda Maluku Utara juga akan melakukan pembangunan infrastruktur Kepolisian, yakni RS Bhayangkara, Polresta Tidore dan infrastruktur lainnya.

“Sehingga dapat menunjang pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Risyapudin berpesan untuk segera beradaptasi dan lakukan deteksi dini terhadap hal-hal yang dapat menjadi potensi gangguan, kemudian selalu berkoordinasi dengan tokoh adat, agama, serta tokoh masyarakat setempat.

“Saya mengingatkan untuk selalu jaga kekompakan dan soliditas TNI-Polri, serta tetap menjaga nama baik institusi Polri dan menghindari perbuatan yang dapat menurunkan citra Kepolisian,” pungkasnya.

Kabid Humas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, mengatakan bahwa, ini merupakan keseriusan Polda Maluku Utara untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta mendorong percepatan pembangunan Ibu Kota Provinsi.

“Secara geografis letak Mako Polda Sofifi sangat strategis, karena terhubung langsung dengan 5 kabupaten/kota, yakni Tikep, Halteng, Haltim, Halbar dan Halut, sehingga memudahkan personel untuk memantau dan bertugas dalam pemeliharaan Kamtibmas,” ucapnya.

Tentunya, masih banyak yang perlu dan akan diperbaiki dan dipersiapkan mulai dari perumahan dinas, ketersediaan air bersih, jaringan untuk menunjang tugas Kepolisian,.

“Semoga segala sesuatu kekurangan yang ada akan segera terpenuhi agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *