Bambang Hermawan Diperiksa di Kejati Terkait Korupsi Dana Covid-19

TERNATE, MALUTTODAY.com – Tim penyelidik Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara, melakukan pemeriksaan terhadap mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bambang Hermawan terkait dugaan korupsi dana COVID-19.

Bambang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Maluku Utara.

Selain Bambang, ada sejumlah pejabat yang diperiksa, salah satunya mantan Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Maluku Utara, Fitriawati Ishak.

Bambang usai diperiksa pada wartawan mengatakan kedatangannya di Kantor Kejati Maluku Utara, dimintai klarifikasi berkaitan dengan dana COVID-19.

“Saya diklarifikasi mengenai bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaannya dan bagaimana pertanggungjawabannya,” jelas Bambang, Selasa (30/8).

Bambang menambahkan, dana COVID-19 sejak awal anggarannya yang direlokasi Rp148 miliar dan digabungkan dengan dana Dana Tak Terduga (DTT) yang sudah tersedia Rp15 miliar.

“Sehingga totalnya Rp163 miliar, tetapi yang direalisasi hanya Rp125 miliar sekian, sisanya tetap di kas daerah karena tidak dicairkan,” akunya.

Terpisah, Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Maluku Utara, M. Irwan Datuiding kepada wartawan membenarkan mengenai pemeriksaan sejumlah pejabat terkait dana COVID-19.

“Iya tadi ada pemeriksaan, Kadis PTSP, Kabid Anggaran,” jelasnya.

M. Irwan menambahkan pihaknya sedang menjadwalkan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang dianggap berkompeten untuk dimintai keterangan terhadap dana COVID-19.

“Kita akan panggil, walaupun sudah tidak menjabat jabatan yang sekarang, karena mereka dulu menjabat,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *