Kemenkumham Maluku Utara Peringati HDKD ke 77 di Ternate

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku Utara, memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke 77 tahun 2022. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan Kantor Rutan Kelas IIB Ternate, Jumat (19/8).

Perayaan HDKD ini Kakanwil Kemenkumham Maluku Utara, M. Adnan Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman dan seluruh Kepala Divisi (Kadiv) dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kota Ternate.

Walikota M. Tauhid Soleman dalam kehadiran perayaan HDKD ini mengatakan urgensi penerapan digital saat ini, harus bisa menghasilkan ASN yang berkompeten dan berdaya saing tinggi, yang mampu bersaing dengan Kementrian atau Lembaga lain sehingga ke depan sudah tidak ada lagi ASN yang berkompetensi rendah.

“Pak Presiden Jokowi sering mengingatkan bahwa ke depan bukan negara besar mengalahkan negara kecil, tetapi negara yang lebih cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Kecepatan, akurasi dan kecermatan dasar dalam pelayanan publik dan pelayanan di negeri ini,” ucapnya.

Tauhid bilang, dirinya mengajak segenap lapisan masyarakat khususnya para warga binaan pemasyarakatan untuk selalu mendukung program Lapas dan Rutan.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Maluku Utara M. Adnan dalam sambutannya mengatakan, upacara HDKD ke-77 Tahun 2022 ini merupakan momen bersejarah bagi Kemenkumham. Karena ini merupakan kali pertama Kemenkumham merayakan puncak HDKD pada tanggal 19 Agustus, setelah tahun-tahun sebelumnya merayakan puncak HDKD pada tanggal 30 Oktober.

“Perubahan tanggal peringatan ini berdasarkan fakta sejarah dokumen informasi autentik dengan sumber informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkapnya.

Adnan menegaskan perayaan HDKD ini sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kepercayaan publik, untuk itu dirinya meminta kepada ASN agar tidak lagi melakukan pelanggaran-pelanggaran yang pernah terjadi. Jika masih saja ditemukan maka dirinya tidak segan-segan untuk memberikan sanksi dengan tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Paskah ulang tahun ke-77 ini saya berharap kesalahan sekecil apapun tidak terjadi lagi. Kalau pun masih ada saya tidak segan memberikan sangsi,” tegasnya.

Adnan bilang, Kemenkumham merupakan sebuah lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah dan di dalamnya tersimpan harapan besar dari masyarakat. Makanya, untuk seluruh jajaran harus lebih bekerja keras dan profesional dalam menjalankan tugas.

“Saya tegaskan ini agar tidak terulang kembali kesalahan karena setiap kesalahan saya pastikan ada sanksinya, seperti sanksi sudah diberi kepada 2 petugas Lapas Ternate ini karena pernah lalai dalam menjalankan tugas,” pungkanya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *