Atlet Lari Ternate Kembali Torehkan Prestasi Kejuaraan Nasional, Irwandi: Terima Kasih Harita

TERNATE, MALUTTODAY.com – Irwandi Fokatea (21), atlet lari jarak menengah asal Ternate, Maluku Utara kembali menorehkan prestasi saat turun berkompetisi di Kejurnas Atletik 2022. Irwandi meraih posisi Juara 2 di kelas 800 meter dan juara 2 di kelas 1.500 meter dikategori senior. Kejurnas yang digelar oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) ini berlangsung pada 6-11 Agustus 2022 di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah.

Kejurnas Atletik 2022 ini melombakan 124 nomor diikuti 1.500 atlet dari 34 provinsi dengan kategori U-18, U-20 dan Senior. Sebelumnya pada kejuaraan “Athletics Open Danjen Kopassus Cup” yang digelar di Jakarta 2–5 Juni 2022, dengan dukungan Harita Nickel, Irwandi menorehkan Juara 1 pada nomor 1.500 meter putra kategori umum dan Juara 2 pada nomor 800 meter putra kategori umum.

Bagi atlet kelahiran Fatcey, Kepulauan Sula pada 2001 ini, keberhasilannya naik podium di Kejurnas Atletik 2022 melalui dua nomor spesialisasinya tersebut sangat berarti. Di Kejurnas ini Irwandi harus bersaing ketat dengan dengan atlet-atlet senior yang lebih berpengalaman. Ada yang menyandang juara PON, ataupun pernah mengikuti kejuaraan Asia.

“Alhamdulillah, puji syukur di Kejurnas ini saya bisa dapat urutan kedua dari seluruh Indonesia, ini prestasi yang cukup membanggakan buat saya, dan juga saya ucapkan terima kasih karena atas bantuan dari Harita Nickel yang sudah mendukung saya, sehingga bisa ikut bertanding di Kejurnas ini,” kata Irwandi, Minggu (14/8) di Ternate.

Irwandi mengungkapkan, dengan mendapatkan dukungan dari Harita Nickel saat mengikuti kejuaraan nasional 2022 ini dia dan pelatihnya Bahrin Omamoi bisa mendapat tempat akomodasi yang nyaman serta dekat dengan tempat pertandingan.

“Dengan seperti ini saya bisa fokus bertanding dan Alhamdulillah bisa menorehkan prestasi kembali,” kata Irwandi. Irwandi pun berharap pihak Harita Nikcel akan selalu bisa mendukungnya saat ada kejuaraan atletik tingkat nasional ataupun tingkat internasional ke depannya.

“Dari kecil sampai sekarang saya memiliki cita-cita supaya bisa mewakili Indonesia di ajang internasional,” kata dia dengan optimis.

Rasa bangga juga tak dapat disembunyikan oleh Bahrin Omamoi, sang pelatih atas keberhasilan anak asuhnya tersebut. “ Di Kejurnas Atletik 2022 ini Irwandi juara 2 di nomor 800 meter senior dan di nomor 1.500 meter dengan catatan waktu yang lebih baik dari sebelumnya,” kata Bahrin.

Senada dengan Irwandi, Bahrin pun mengakui bahwa dukungan dari Harita Nickel menjadi salah satu faktor yang membuat semangat Irwandi berkompetisi lebih keras sehingga perbaikan catatan waktunya pun meningkat cukup tajam.  Pada kejuaraan Athletics Open Danjen Kopassus Cup di nomor 1,500 meter meraih juara 1 dengan catatan waktu 4:11.68. Sedangkan di nomor 800 meter Irwandi meraih juara 2 dengan catatan waku 1:55.92.

“Di Kejurnas Atletik 2022 kemarin Irwandi menorehkan Juara 2 di nomor 1.500 meter dengan catatan waktu 4:05, 57 dan Juara 2 di nomor 800 meter dengan catatan waktu 1:55,90 jadi cukup signifikan perbaikan catatan waktunya,” kata Bahrin.

Bahrin pun menyatakan rasa terima kasihnya kepada Harita Nickel yang sudah memperhatikan atlet asuhnya tersebut dengan menanggung seluruh biaya akomodasi, transportasi hingga uang saku. Sebelumnya jika sedang mengikuti kejuaraan atletik di luar daerah, mereka selalu memilih lokasi akomodasi yang apa adanya karena keterbatasan biaya. (Shl)

“Kami belum pernah merasakan akomodasi yang bagus. Tetapi dengan dukungan Harita Nickel kami bisa mendapatkan akomodasi yang jauh lebih baik, sehingga secara psikologis Irwandi bisa lebih fokus dan lebih tajam konsentrasinya saat bertanding,”

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas menyambut baik atas prestasi yang kembali ditorehkan Irwandi di Kejurnas Atletik. Stevi menyatakan Harita Nickel sangat bangga dan terus mendukung Irwandi untuk berprestasi lebih tinggi lagi.

“Semoga dari torehan prestasi Irwandi ini bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi para pemuda di Maluku Utara, sehingga bisa lahir Irwandi-Irwandi lainnya yang berprestasi di bidang olah raga dan mengharumkan nama Maluku Utara di kancah nasional maupun internaional,” kata Stevi.

Menurut Stevi, Harita Nickel sebagai perusahaan tambang dan hilirisasi nikel yang beroperasi di Maluku Utara akan selalu mendukung individu-individu putra daerah yang berprestasi dan mengharumkan nama Maluku Utara.

“Harita Nickel sangat senang sekali bisa mendukung putra daerah Maluku Utara yang memiliki prestasi di tingkat nasional ataupun internasional. Ini sesuai dengan visi dan misi Harita Nickel untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pemangku kepentingan dan bangsa dalam hal ini putra daerah Maluku Utara,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *