Jelang HUT RI ke 77, Penjual Pernak-Pernik Kemerdekaan Mulai Menjamur di Ternate

TERNATE, MALUTTODAY.com – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia, pedagang pernak-pernik kemerdekaan di Kota Ternate, mulai menjamur. Keberadaan para pedagang ini dapat ditemui di sejumlah sudut Kota. Salah satunya di jalan Pahlawan Revolusi atau tepat depan Plaza Gamalama Ternate.

Para pedagang bendera, umbul-umbul dan pernak-pernik lainnya berjejer di sepanjang depan trotoar jalan. Para pedagang musiman ini rutin berdagang bendera di Ternate di setiap jelang bulan Agustus.

“Saya sudah satu minggu berjualan. Setiap jelang HUT RI, pasti berjualan di sini,” ujar Herman, salah seorang pedagang bendera ditemui depan plaza Gamalama.

Herman dan para pedagang lain di kawasan ini tak hanya menjual bendera merah putih. tetapi juga umbul-umbul, background dan bambu.

“Harga bendera sih berbeda-beda tergantung ukuran, kecil atau besar, mulai dari harga Rp 10-50 ribu, sampai dengan Rp 300 ribu. Kalau umbul-umbul mulai Rp 25 ribu,” ujarnya.

Menurutnya, selama satu minggu, berjualan masih sepi pembeli, ia memprediksi pembeli akan ramai empat hari jelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

“Biasanya pembeli ramai empat hari jelang upacara bendera merah putih,” kata Herman.

Ia mengaku berjualan sejak pagi hari hingga larut malam, pendapatan juga tak menentu.

“Berjualan sampai nanti di tanggal 17 Agustus, jualan dari pagi sampai malam, meski begitu barang jualan sebagian sudah terjual, sehari bisa dapat Rp 100-200 ribu, tergantung ramainya pembeli,” katanya.

Selain di jalan Pahlawan Revolusi, para penjual pernak-pernik kemerdekaan juga menjajakan barangnya di kawasan taman fitnes, Kelurahan Santiong atau tepat di belakang benteng Orange, serta jumlah jalan protokol lainnya seperti jalan Yos Sudarso, Maliaro. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.