Tingkatkan Efektifitas Efisiensi Pelayanan dan Pengelolaan Zakat, Baznas Ternate Lakukan Sosialisasi Perwali Pengelolaan Zakat

TERNATE, MALUTTODAY.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, Sosialisasi Peraturan Wali Kota Ternate Nomor 15-A Tahun 2022 tentang Pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya di Aula Babullah Kantor Wali Kota Ternate, Pada Kamis (21/7/2022).

Ketua Baznas Kota Ternate, Adam Marus, menjelaskan tujuan ditetapkannya Peraturan Wali Kota,yaitu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya, mendorong masyarakat muslim untuk menunaikan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya dan meningkatkan manfaat zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

“Potensi zakat, infak dan sedekah di Kota Ternate mencapai Rp150 miliar. Semakin banyak nilai yang terkumpul maka akan semakin banyak warga yang dapat dijangkau, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan,” Ujar Ketua Baznas Ternate, Adam ma’arus.

Terpisah Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Ternate, Maskur Sapsuha, mengatakan bahwa umat Islam perlu banyak mempelajari Islam secara tekstual sehingga pengelolaan zakat masih bersifat tradisional, akibatnya sering muncul benturan pada saat sosialisasi zakat, infak dan sedekah.

“Karena itu Baznas diharapkan dapat menjamin kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan zakat. Potensi zakat di Kota Ternate banyak yang belum tersentuh, sehingga dengan Perwali ini diharapkan pengelolaan zakat bisa lebih dimaksimalkan,” terang Maskur.

Sementara itu, Asisten I Sekda Kota Ternate, Muhdar Din, apresiasi atas langkah-langkah yang telah dilakukan Baznas Kota Ternate selama ini.

“Zakat perorangan di Ternate belum optimal, karena dengan Perwali ini diharapkan dapat menyasar seluruh komponen masyarakat, termasuk badan usaha, pemerintah, pihak swasta, instansi vertikal, kelompok profesional, paguyuban dan lain sebagainya” kata Muhdar Din saat membuka giat Sosialisasi Peraturan Wali Kota Ternate Nomor 15-A Tahun 2022 tentang Pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya.

“Apabila potensi zakat kita dikelola secara baik maka akan mampu mensejahterakan masyarakat,” ujarnya di hadapan para pimpinan dan bendahara dari unsur OPD lingkup Pemkot Ternate, BUMN, BUMD, instansi vertikal dan kalangan profesional di Ternate.

Ia berharap kepada semua pihak, baik SKPD, kelompok profesi dan seluruh masyarakat agar dapat mengawal, mengamankan dan melaksanakan Perwali yang salah satunya mempercayakan pengumpulan dan pengelolaan zakat kepada Baznas Kota Ternate.

“Lakukan sosialisasi secara masif sambil direalisasi dalam kehidupan bermasyarakat di Kota Ternate,” Harapnya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.