Polisi Sita Ribuan Liter Cap Tikus dan Ratusan Miras Bermerek

TERNATE, MALUTTODAY.com – Direktorat Samapta Polda Maluku Utara melakukan razia minuman keras (miras) di Kota Ternate.

Dari hasil razia, tim yang dipimpin PS Kanit 2 Subditgasum Dit Samapta Iptu Zulkifli Machmud berhasil mengamankan ratusan botol berbagai merek dan ribuan liter miras jenis cap tikus.

Barang haram tersebut ditemukan anggota di RT 01/RW 01 dan RT 02/RW 01, Kelurahan Kalumpang, Kecamatan Ternate Tengah.

Razia yang dimulai pukul 16:30-19:30 Wit ini ditemukan barang bukti (BB) dengan rincian miras jenis Kawa-kawa 52 botol, bir hitam 66 botol, bir kaleng putih 56 botol, bir kaleng hitam 31 botol dan captikus 1.006 liter yang dikemas dalam kertas.

Dari BB yang diamankan, anggota juga mengamankan tiga orang yang diduga sebagai pemilik barang tersebut.

PS Kanit 2 Subditgasum Dit Samapta Iptu Zulkifli Machmud kepada wartawan mengatakan razia yang dilakukan ini merupakan tindak lanjuti atensi Kapolda Malut Irjen Pol. Risyapudin Nursin.

“Arahan Pak Kapolda untuk membersihkan Maluku Utara dari minuman keras, makanya keterlibatan dalam razia selain dari Dit Samapta, Dit Narkoba juga dilibatkan,” jelas Zulkifli, Rabu (18/05).

Zulkifli menambahkan anggota Ditresnarkoba melakukan razia difokuskan di luar Kota Ternate, sementara Direktorat Samapta difokuskan di Kota Ternate. “Jadi atensi pak Kapolda, Ternate ini bersih dari miras,” akunya.

Zulkifli bilang, diakhir-akhir ini kebanyakan tindak pidana bermula pelaku mengkonsumsi miras, sehingga pihaknya akan intens melakukan razia di Kota Ternate, lebih disasar para penjual miras.

“Ada 3 orang pemilik miras yang diamankan, yang lainnya saat mengetahui ada razia langsung kabur dari rumah,” ucapnya.

Pemilik miras mengakui memasok dari Manado dan Halmahera Barat, untuk penjualan bisa secara online maupun langsung diambil.

“Setelah diinterogasi miras ini diambil dari Manado dan Kabupaten Halmahera Barat. Cara jual mereka juga dengan cara online dan ada yang datang beli di tempat langsung,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.