Ribuan Pemudik antar Pulau Tinggalkan Pelabuhan Bastiong Ternate

TERNATE, MALUTTODAY.com – Ribuan pemudik memadati pelabuhan ASDP cabang Ternate. Para pemudik antar pulau yang didominasi oleh penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda dua ini, sejak pagi telah mengantri di parkiran pelabuhan. Para pemudik menunggu ferry KMP Lompa yang mengantarkan mereka ke Pulau Moti, Makian, Kayoa dan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Dari data Posko Angkutan Mudik Lebaran tahun 2022, di hari H-4 sudah terjadi lonjakan sekitar 1.900 pemudik. Sedangkan yang diberangkatkan pada hari ini terdapat 2.000 pemudik yang meninggalkan pelabuhan ferry Bastiong Ternate, menggunakan KMP Lompa dengan tujuan sejumlah pulau, seperti Moti, Makian, Kayoa dan Babang. Para pemudik ini dominasi oleh penumpang pejalan kaki dan pengguna kendaraan roda dua

“Jadi per hari H-4 itu sudah terjadi lonjakan, bahkan mencapai 1.900 pemudik, artinya sudah peningkatan mencapai 179 persen, sehingga hari ini bisa diatas, sesuai data diperkirakan 2.000 atau 200 persen terjadi lonjakan, khususnya penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda dua,” ujar Kepala ASDP Cabang Ternate, Yulianto kepada Maluttoday, Sabtu (30/4/2022).

Kepala ASDP Cabang Ternate, Yulianto mengatakan, angkutan mudik lebaran di Bastiong ini memang diprediksi hari ini puncaknya, terutama lintas Moti, Makian, Kayoa dan Babang, karena tahun lalu ada pembatasan, sehingga tahun ini ada kelonggaran untuk covid-19, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

”Hari ini terjadi lonjakan peningkatan, sehingga yang biasanya kapal regular kita hanya satu ke Moti, Makian, Kayaoa dan Babang, hari ini kita tambah satu kapal untuk membantu, karena ada lonjakan pengguna jasa khusus di wilayah pelayaran tersebut,” kata Yuli.

Yulianto menambahkan, untuk menunjang kelancaran angkutan mudik tahun 2022, PT ASDP Cabang Ternate, menyiapakan 12 armada ferry yang layak jalan, untuk melayani penumpang di pelabuhan Bastiong.

“12 kapal kita sudah siapakan yang sudah rancek, 8 kapal milik ASDP, sedang 4 lainnya adalah milik perusahaan swasta, yang siap melayani masyarakat mudik,” tambahya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *