Kemenkumham Usulkan Remisi Idul Fitri Untuk 616 Napi di Maluku Utara

TERNATE, MALUTTODAY.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana diseluruh unit pelaksana teknis (UPT) Lapas dan Rutan di Maluku Utara sebanyak 1.091 orang. Terdapat 616 orang napi yang diusulkan untuk terima remisi khusus (RK) hari raya Idul fitri 1443 hijriah.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku Utara M. Adnan melalui Kepala Divisi Pemaayarakatan (Divpas), Lili mengatakan pihaknya telah mengajukan 616 napi untuk dapat RK.

“Napi yang diusulkan remisi ini tentunya sudah dilakukan pemilahan dan berkelakuan baik serta sudah menjalani hukuman lebih dari 6 bulan. Yang pasti syarat-sayatan substantif dan administratif sudah lengkap,” jelas saat Lili ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/04).

Lili menambahkan, remisi yang diusulkan WBP kasus pidana umum (Pidum) sebanyak 468 orang dan WBP kasus pidana khusus (Pidsus) sebanyak 148 orang.

“Usulan napi yang paling banyak ada di Lapas Ternate sebayak 232 orang dan paling sedikit ada di Lapas Weda dengan jumlah 15 orang,” jelasnya.

Lili bilang, dalam pengusulan sedang berjalan, jika ditemukan ada napi yang melakukan pelanggaran, tentunya hak-hak atau usulan tersebut akan dibatalkan.

“Kalau ada, kita batalkan usulan untuk remisinya, dan dari 616 orang napi tersebut, tahun ini tidak ada napi yang diusulkan untuk mendapat RK II atau langsung bebas,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *