Operasi Ketupat 2022, Kapolda Malut Minta Anggota Cegah Gangguan Kamtibmas

TERNATE, MALUTTODAY.com – Polda Maluku Utara melakukan operasi apel gelar pasukan dalam operasi ketupat 2022 yang berlangung di lapangan Ngara Lamo, Kelurahan Salero. Kecamatan Kota Ternate Utara, Jumat (22/4/2022).

Dalam operasi untuk meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait sehingga dapat memberikan rasa aman pada perayaan Idul Fitri 1443 H.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara, Irwasda Polda Malut, PJU Polda Malut, Danrem 152 Babullaah Ternate, Kapolres Ternate, Danlanal Ternate, Dan Denpom, Kepala Basarnas, Kepala Jasa Raharja, Manager ASDP Ternate, Kepala KSOP II Ternate dan Kepala BMKG Malut serta Personil Gabungan.

Dalam pelaksanaan dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Irjen (Pol) Risyapudin Nursin.

Operasi gabungan dilakukan secara serentak diseluruh Polda dan Polres jajaran selama 12 hari, mulai tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022.

Irjen Pol Risyapudin mengatakan operasi Ketupat 2022 harus dilaksanakan secara optimal, perjalan mudik maupun balik harus berjalan lancar, aman dan sehat.

“Cegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi,” tegasnya.

Jenderal bintang dua ini bilang, ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 dengan aman dan sehat.

“Baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19. Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Karo Ops Polda Malut, Kombes Pol. Semmy Ronny selaku Karendal Operasi Ketupat mengatakan, dalam operasi ketupat 2022 di Maluku Utara pihaknya akan membuat beberapa Posko.

“Kami membangun beberapa posko baik posko mengamankan maupun posko pelayanan yang bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sebelum maupun sesudah Lebaran nanti,” katanya.

Semmy bilang, pos pelayanan dan pengamanan ini difokuskan dibeberapa tempat.

“Baik itu di pelabuhan, bandara hingga di terminal yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Maluku Utara,” pungkasnya.

Terpisah, Direktur Lalulintas Polda Malut, Hari Santoso selaku Kasatgas Ops Ketupat mengatakan sesuai arahan Kapolri untuk menciptakan situasi yang kondusif jelang Lebaran, pihaknya akan menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

“KRYD akan kita lakukan karena ini memang merupakan tupoksi Polisi, namun kegiatannya akan kita lebih sebanyak kegiatan-kegiatan termasuk sosialisasi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat,” jelasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.