Kapolda Maluku Utara: Samapta Ujung Tombak Dalam Tugas Preventif

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Irjen (Pol) Risyapudin Nursin mengatakan, fungsi Samapta untuk tidak hanya melakukan Patroli, namun melaksanakan patroli dialogis, membangun komunikasi baik dengan pimpinan perusahaan serta para tokoh dan warga masyarakat untuk dapat mengetahui permasalahan dan kebutuhan di wilayah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan langsung Kapolda, Irjen (Pol) Risyapudin Nursin saat membuka langsung acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Sabhara tahun 2022 yang berlangsung di Ballroom Hotel Muara Mall Ternate, Senin (18/4/2022).

Risyapudin menambahkan, fungsi Sabhara adalah melakukan kegiatan pencegahan karena hal tersebut merupakan suatu bentuk Polri yang modern dan presisi sehingga diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas preventif guna mewujudkan Polri yang presisi.

“Diharapkan dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan langkah awal yang dilakukan adalah menginventarisir dan deteksi dini sehingga permasalahan yang terjadi baik kasus pengeroyokan, pembunuhan, perselingkuhan dan kasus lainnya untuk tidak terjadi dan apabila kasus tersebut masih terjadi maka dinilai fungsi Samapta belum maksimal dan berjalan dengan baik dan maksimal,” ucap Risyapudin.

Risyapudin menambahkan, selain itu Samapta agar dapat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan fungsi-fungsi terkait lainnya guna mencegah permasalahan maupun gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah dan khususnya menjelang hari raya Idul Fitri.

“Agar dapat dilakukan pencegahan dan edukasi sehingga permasalahan yang sering terjadi tidak terjadi lagi,” akunya.

Menghadapi pengamanan unjuk rasa serta dalam menghadapi pemilu 2024 diharapkan kepada fungsi Samapta untuk dapat mengecek peralatan dan perlengkapan apabila ada kekurangan/rusak agar dapat diminta maupun diusulkan sehingga mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dirsamapta dan Dirpamobvit serta Panitia pelaksana yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga dalam kegiatan ini bisa mengupas, menggali dan menginventarisir untuk bagaimana kedepan Konsep kita baik dari Samapta dan Pamobvit dalam menanggulangi Kamtibmas, unras serta mendukung dan mengamankan pembangunan nasional yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan dapat mengetahui kisaran suara yang berkembang di masyarakat dan dapat memberikan edukasi/menjelaskan kepada masyarakat bagaimana pemerintah menghadirkan para investor dalam berinvestasi di wilayah kita,” pungkasnya.

Sementara itu secara terpisah, Direkrut Samapta Kombes Pol. Sukron, Selasa (19/4/2022) mengatakan, tujuan dari Rakernis ini adalah efektivitasnya tugas preventif Sabhara guna tercapainya program nasional dengan melakukan upaya pemulihan ekonomi, reformasi struktural dan penanganan Covid-19.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh pejabat di Polda Malut, juga dihadiri oleh Kasat Samapta Polres jajaran, Bamin Satsamapta, Perwakilan Kanit Samapta dan Kanit Pamobvit Polres jajaran. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *