Memilih Mudik Lebih Awal, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

TERNATE, MALUTTODAY.com – Lonjakan penumpang mudik lebaran mulai terasa di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Kamis (14/4/2022). Para penumpang yang menggunakan jasa PT Pelni, memilik mudik lebih awal.

Salah satu kapal motor (KM) Dorolonda diserbu warga yang hendak mudik. Dorolonda ini akan menyinggahi sejumlah pelabuhan tujuan, seperti Ambon, Bau-Bau, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Para penumpang memilih mudik lebih awal, karena khawatir kehabisan tiket kapal dan menghindari kepadatan penumpang pada puncak mudik nanti.

Sebelum berangkat, para calon penumpang sudah harus melengkapi sejumlah persyaratan perjalan mudik, yang ditetapkan pemerintah, seperti vaksinasi dosis I, hingga Booster serta mematuhi protokol kesehatan.

“Saya khawatir jika tidak berangkat sekarang, nantinya tidak kebagian tiket kapal dan mahalnya harga tiket. Jadi mudik lebih awal karena keluarga sudah menunggu di rumah. Biasanya jugakan dekat-dekat lebaran itu padat yah,” ujar Jamil, calon penumpang tujuan Surabaya.

PT Pelni Cabang Ternate menyebut penumpang yang berangkat sudah mulai adanya peningkatan 10 persen, artinya jumlah penumpang mencapai 1.000 – 1.200 orang.

“Keberangkatan calon penumpang ini sudah mulai terlihat adanya peningkatan, KM Dorolonda hari ini bertolak dari Ternate tujuan beberapa daerah bisa capai 1.000 sampai 1.200 orang, naiknya ini hingga sepuluh persen,” jelas Kepala Cabang PT Pelni Ternate, Dicky Demawandi.

Untuk angkutan mudik lebaran PT Pelni menyiapkan 4 kapal untuk melayani masyarakat yang melakukan mudik lebaran. Masyarakat tidak perlu khawatir karena masih ada jadwal kapal yang menyinggahi Kota Ternate.

“Untuk PT Pelni sendiri mengerahkan ada 4 kapal, yang nantinya melayani penumpang mudik angkutan lebaran. Jadi masyarakat harus lebih awal membeli tiket agar tidak antri di loket,” pungkasnya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *