Sekretaris Dispora Halmahera Utara Diduga Terlibat Dalam Kasus Korupsi

TERNATE, MALUTTODAY.com – Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Halmahera Utara, Raymond Batawi diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Panwaslu tahun 2015-2016.

Dalam kasus tersebut telah memiliki tiga tersangka, yakni Muksin Boga, saat itu sebagai Ketua Panwaslu, Silfano Hangewa selaku mantan Sekretaris Panwaslu dan Gustiar Marudinselaku Bendahara Panwaslu.

Kini ketiganya masih masih menjalani persidangan dan ditahan di Rutan Ternate.

Dugaan keterlibatan Raymond ini sesuai fakta persidangan di pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Ternate, setelah Raymond dihadiri sebagai saksi.

Raymond diketahui sebagai pemilik Toko Starcom, mengenai sewa peralatan kantor, namun kenyataannya sama sekali tidak ada sewa menyewa peralatan kantor.

Koordinator Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Halmahera Utara, Eka J Hayer kepada wartawan mengatakan, kenyataannya sesuai fakta persidangan minggu pekan kemarin dan hari ini, tidak ada sewa menyewa peralatan kantor.

“Fakta persidangan tidak ada sewa menyewa sebesar Rp 178 juta, kenyataannya dia (Raymond) dibayar hanya Rp 22 juta saja, sehingga negara mengalami kerugian negara Rp 161 juta,” jelas Eka, Selasa (12/04).

Eka menambahkan, perbuatan yang bersangkutan ikut membuat tanda tangan laporan pertanggungjawaban yang tidak benar atau fiktif.

“Dia juga ikut tanda tangan laporan pertanggunjawaban fiktif, jadi fakta ini sudah terungkap di persidangan, jadi kita menunggu hasil persidangan,” tegasnya.

Mantan Kasi Pidsus Kejari Halmahera Tengah ini bilang, untuk semua fakta persidangan kasus dugaan korupsi Panwaslu semua sudah terbuka.

“Faktanya semua laporan pertanggungjawaban dibuat seakan akan itu benar, padahal fiktif,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, dalam kasus dugaan korupsi dana hibah, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 4,8 miliar.

Hasil pemeriksaan kerugin negara, dari BPK-RI perwakilan Maluku Utara sebesar Rp 1.365.861.596. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *