PT Pertamina Perbaiki Jaringan Pipa Bawah Air Fuel Terminal Ternate

TERNATE, MALUTTODAY.com – PT Pertamina terus melakukan upaya perbaikan pasca-terjadi pencemaran minyak milik TBBM pertamina di perairan Kelurahan Jambula, Kecamatan Ternate Pulau pada Rabu lalu. Upaya yang dilakukan, diantaranya dengan menerjunkan tim penyelam dan teknik untuk melakukan perbaikan pipa bawah air.

”Sekarang tim bawah air dari Jakarta sudah datang melakukan penyelaman dan lain-lain, dan sudah ada rekomendasi mengantikan sebagaian jaringan pipa bawa air, meski pun belum waktunya. Tapi sudah dilakukan penggantian-penggantian, jadi kalau teman-teman (wartawan) lihat, itu rambu-rambu yang dipasang di air itu ada penyelaman dibawa air,” ujar Area Manager Communications, Relations & CSR Papua Maluku PT Pertamina Patra Niaga SH Commersial & Trading, Edi Mangun, Senin (11/04).

Edi mengatakan, terkait dengan pencemaran pihak sudah menerpkan standar operasional (SOP) ketat, namun tentu ini sudah menjadi musibah diluar prediksi.

“Sebenarnya begini, kita inikan sudah menerapkan semua SOP yang begitu ketat, tapi sekali lagi namanya musibah, diluar dari prediksi dan karena kami kerja tiap harinya ngurus minyak,” katanya.

Lanjutnya, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari DLH terkait dengan rekomendasi lingkungan. Kemudian menjalankan rekomendasi DLH, sebagai keputusan tertinggi dalam hal lingkungan.

“Jadi, tinggal menunggu itu, mungkin nanti dikonfirmasi kepada teman-teman DLH, waktunya berapa lama rekomendasi mereka keluar,” ujarnya.

Edi menyebut, secara geografis khusus perairan Jambula memiliki arus yang cukup deras karena tidak berada dalam lokasi teluk.

“Di lihat secara alam, perairan kita di Jambula ini memiliki arus yang cukup deras, karena tidak berposisi dalam teluk , sebagian besar depot-depot kita itukan berada di dalam teluk tapi karena di Ternate ini susah mencari teluk, karena memang kondisi geografisnya begitu,” pungkasnya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.