Gali Potensi Zakat, Pemkot dan Baznas Ternate Optimalkan Peran Paguyuban

TERNATE, MALUTTODAY.com – Pemerintah Kota Ternate menggelar kegiatan tatap muka dengan Basnaz Kota Ternate. Selain itu juga diikuti sejumlah paguyuban dari berbagai daerah. Kegiatan ini berlangsung di aula lantai 3 kantor Wali Kota Ternate, Kamis (31/3/2022).

Upaya sosialisasi yang dilakukan ini, dalam rangka untuk mendorong masyarakat termasuk paguyuban agar mengeluarkan zakat infaq dan sedekah.

“Saya menaruh harapan besar kepada Komisioner Baznas kali ini, supaya potensi zakat ini bisa digali sedemikian rupa dalam rangka untuk pemberdayaan umat,” kata Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Lanjut Tauhid, potensi zakat adalah sesuatu yang penting dan berpotensi dalam pemberdayaan umat Islam yang ada di Kota Ternate. Bila potensi paguyuban ada, dan sebagian teman-teman paguyuban ada yang tidak mampu, maka itu dikembalikan lagi, sebab zakat itu luas dan tidak memandang KTP.

Ini menjadi langkah kerja bagi komisioner Baznas Kota Ternate sebagai upaya untuk bisa menjangkau seluruh potensi zakat yang ada di Kota Ternate. Salah satu caranya adalah dengan melalukan audience atau pertemuan resmi dengan paguyuban yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

“Intinya, saya sebagai Wali Kota Ternate mengajak masyarakat paguyuban agar bekerjasama dengan Basnaz. Kalaupun harus berzakat, infaq dan sedekah, bisa menyalurkannya kepada Baznas Kota Ternate,” harapnya.

Tauhid juga meminta agar pola pengelolaan zakat harus berubah, dalam artian mendorong atau memberikan stimulasi kepada masyarakat agar bisa berkembang.

Terpisah, Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Kota Ternate, Jubair Situmorang mengatakan, berdasarkan data awal, belum punya, tetapi kalau melihat potensi berdasakan jumlah personil dan keluarga dari masing masing keluaraga paguyuban dari 31 yang aktif, ada sekitar 29.

“Hari ini terkonfirmasi 17 paguyuban yang menyatakan kesiapan itu. Saya pikir luar biasa, karena paguyuban ini tidak yang punya anggota 10 itu, tarada. Itu puluhan dan ratusan bahkan. Dibeberapa ada yang sekitar 5 paguyuban yang anggotanya mencapai ribuan dan mereka sudah membuktikan, mereka sudah membangun ekonomi salah satunya melalui zakat selama ini,” terang Jubair.

“Jadi, itulah saya yakin bahwa potensi ini jika dikelola dengan baik dan kerjasama Basanaz, saya yakin akan sangat membantu dan mencapai apa yang diharapkan oleh Basnaz Kota Ternate,” imbuhnya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.