Kisruh Dua Kubu di Kesultanan Ternate

TERNATE, MALUTTODAY.com – Ketegangan kembali terjadi di Kedaton Kesultanan Ternate. Insiden ini dikabarkan melibatkan kubu Fala Raha dan kubu pendukung Sultan Hidayatullah Sjah, Selasa (29/3).

Personil Polres Ternate dan Sat Brimob Polda Maluku Utara diterjunkan untuk mengantisipasi situasi tidak memburuk.

Belum diketahui jelas kronologis insiden tersebut, namun satu orang dilarikan ke rumah sakit. Korban yang mengalami luka di bagian kepala itu adalah Zulkifli Marsaoly, Jogugu versi Fala Raha.

Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit kepada awak media mengatakan, warga tak boleh terpancing dengan persoalan internal Kesultanan Ternate ini.

“Warga jangan terpancing, untuk para sultan yang sedang bermasalah di internal, silakan selesaikan masalah dengan baik. Jangan membawa massa, jangan bawa masalah ini keluar, agar Kota Ternate tetap kondusif,” kata Andik.

Andik menambahkan, saat ini pihaknya sudah berupaya untuk mediasi kedua belah pihak sejak Minggu (27/03) lalu, hari ini pihaknya mencoba melerai adanya pertemuan besar yang akan mengakibatkan konflik.

“Maka kami upayakan untuk perwakilan saja. Dan nanti di Polres kami menyediakan tempat fasilitator dan mediator buat keluarga Kesultanan,” akunya.

Polres Ternate berharap keluarga besar Kesultanan Ternate menyikapi masalah ini sebagai langkah pendewasaan, bukan ajang balas dendam, sehingga damai kedepannya.

“Terkait masalah budaya, sekali lagi kembali ke adat dan mereka-mereka lah yang bisa menyelesaikan ini, jika kedua belah pihak berkenan maka akan dipertemukan di tempat netral, yakni di Polres Ternate,” ucapnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.