Baznas Ternate Jadi Role Model Pengelolaan Zakat di Maluku Utara

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kota Ternate menjadi satu-satunya Baznas terbaik dan diakui oleh Baznasa Pusat. Hal itu disampikan Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, saat memberikan sambutan pada silaturahmi panguyuban para profesional, pengusaha se Kota Ternate, di room Red Corner Cafe, jalan Arnold Mononutu, Kelurahan Tanah Raja, Kecamatan Ternate Tengah, Senin (14/3/2022).

“Di Indonesia Baznas Kota Ternate adalah salah satu pengelolaan Baznas terbaik dan diakui oleh Baznas pusat,” kata Tauhid saat membuka acara silaturahmi.

Tauhid mengatakan saat ini Baznas Kota Ternate, menjadi role model bagi pengelolaan zakat di beberapa daerah lainnya di Provinsi Maluku Utara.

“Saya berharap ini bisa ditingkatkan dan diselaraskan dengan program pemerintah kota, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Lanjut Tauhid, selama ini pengelolaan zakat masih sederhana. Ia berkeinginan Baznas Ternate bisa memaksimalkan aspek pemberdayaan sebagai konsep utama, agar selaras dengan ritme pemerintah kota.

Tauhid menyinggung soal pajak dan retribusi Kota Ternate yang cukup profesional, sehingga diharapkan Baznas juga dapat mencontohi hal itu.

“Potensi zakat Kota Ternate ini cukup besar. Sekarang tergantung Baznas saja untuk bisa bekerja lebih profesional, kreatif dan inovatif,” terang.

Terpisah, itu Ketua Baznas Kota Ternate H. Adam Ma’rus mengatakan, pada periode Januari-Maret 2022 zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang berhasil dihimpun Baznas Kota Ternate sebesar Rp 512.765.000, yang terdiri dari zakat Rp 335.336.000 dan infak sedekah Rp 117.429.000.

Kemudian yang telah disalurkan sebanyak Rp 149.456.000 atau sekitar 30 persen kepada 189 orang penerima bantuan.

Untuk tahun 2022 ini, lanjut Adam, Baznas Kota Ternate menargetkan jumlah pengumpulan ZIS mencapai Rp 8 miliar. Meski agak tinggi, namun ia optimis target ini bisa dicapai.

“Semakin banyak dana yang dikumpulkan maka akan semakin banyak pula orang-orang yang bisa dibantu dan diberdayakan, yang nantinya akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan umat,” jelas Adam. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *