Tingkatkan Kemampuan Potensi SAR di Kepsul, Basarnas Ternate Gelar Pelatihan Water Rescue

KEPSUL, MALUTTODAY.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate menggelar pelatihan teknis pertolongan di permukaan air (water rescue) bagi potensi pencarian dan pertolongan di Kabupaten Kepulauan Sula, Selasa (08/03/22).

Kegiatan tersebut berlangsung di Baliqa Hotel, Desa Fagudu, Kepulauan Sula. Diikuti peserta pelatihan potensi SAR terdiri dari TNI/Polri dan instansi pemerintah, baik sipil maupun swasta lainnya.

Program rutin tahunan Basarnas yang diselenggarakan seluruh Indonesia ini, guna melatih dan memberikan kompetensi dasar bagi potensi SAR yang menjadi garda terdepan dalam setiap misi pencarian dan pertolongan.

“Tugas pencarian dan pertolongan keselamatan jiwa manusia akibat bencana dan musibah merupakan tugas kita bersama. Setiap orang punya kewajiban untuk memberikan pertolongan kepada orang lain yang sedang tertimpa musibah bencana. Untuk itu, diperlukan pembinaan kepada personil yang terlibat dalam suatu operasi pencarian dan pertolongan,” kata Wakil Bupati Kepulauan Sula, M. Saleh Marassabesy dalam sambutannya pada acara pembukaan diklat.

Saleh juga memberikan apresiasi kepada Kantor Basarnas Ternate, yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan potensi SAR di Kepulauan Sula.

“Maluku Utara cukup luas dengan daerah perairan, serta cuaca yang cepat berubah, yang berpotensi terjadinya kecelakaan pelayaran, penerbangan, bencana dan musibah,” ucap Saleh.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, pelatihan SAR di permukaan air (water rescue) di Kepulauan Sula akan dilaksanakan selama enam hari, yaitu dari tanggal 08-13 Maret 2022.

“Saya berharap pelatihan potensi SAR di Kepsul ini dalam upaya meningkatkan kapasitas personil melalui pelatihan potensi SAR pertolongan di air, bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada potensi pencarian dan pertolongan di Kepulauan Sula,” harap Arafah. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.