Diduga Kemudi Rusak, KMP Ngafi Kandas di Perairan Desa Juanga

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kapal motor penumpang (KMP) Ngafi dilaporkan kandas di perairan di Desa Juanga, Kecamatan Morotai, Kabupaten Pulau Moratai, Maluku Utara, Selasa (8/3/2022). Kapal yang membawa 232 penumpang serta 21 orang ABK ini, berlayar dari pelabuhan Gorua Tobelo, Halmahera Utara dengan pelabuhan tujuan Desa Juanga.

Tim SAR gabungan langsung bergerak setelah menerima laporan pukul 14.10 Wit, menggunakan rubber boat milik unit siaga SAR Morotai dan rubber boat BPBD, Sea Rider KAL Wayabula dan KMP Kolorai milik Pemda Morotai. Sebanyak 232 dan 21 ABK berhasil dievakuasi.

“Seluruh penumpang selamat dan berhasil dievakuasi menuju pelabuhan Molokai dan rubber boat unit siaga SAR Morotai mengevakuasi korban menuju pelabuhan Sahid Morotai,” kata Arafah.

Lanjut Arafah, pukul 17.15 Wit, tim SAR gabungan melaksanakan debriefing dengan hasil seluruh penumpang berjumlah 253 orang, termasuk ABK kapal serta jumlah kendaraan yang termuat di kapal sepeda motor 22 unit dan mobil sebanyak 13 unit.

Dugaan sementara kandasnya kapal ini diakibatkan kerusakan pada kemudi. Akibatnya kapal sulit dikendalikan.

“Berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Maka operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih,“ tandasnya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.