April Mendatang, Halbar dan Ternate Bermigrasi Siaran Televisi Analog ke Digital


TERNATE, MALUTTODAY.com – Kota Ternate dan Kabupaten Halamahera Barat masuk wilayah layanan Maluku Utara I yang termasuk dalam 56 wilayah di Indonesia, yang akan masuk pada penerapan migrasi televisi tererstrial analog ke siaran televisi digital pada 30 April 2022.

“Khusus untuk wilayah Maluku Utara pada April mendatang adalah tahap analog switch off atau migrasi 56 tahap pertama, ada Maluku Utara I, meliputi Kota Ternate dan Halbar menjadi wilayah pertama terpilih untuk melakukan migrasi dari analog ke digital,” kata Kepala Loka Monitor Spektrum Frekwensi Radio (SFR) Ternate, Manuelson Jaka Jusuf, dalam kegiatan sosialisasi migrasi sistem televisi teresterial analog ke digital di Ballroom Royal & Function Hall, Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa, (8/3/2022).

Untuk mengoptimalkan program digital ini, menurut Manuelson, perlu dilakukan sosialasi sehingga adanya persamaan persepsi antara pemangku kebijakan penyelenggara tv, pemerintah daerah dan masyarakat serta mendorong agar semua pihak yang terlibat berupaya untuk memberikan yang terbaik buat masyarakat Maluku Utara.

“Terkait hal tersebut, penyamaan persepsi antara penyelenggara televisi dan pemangku kebijakan di Maluku Utara, menjadi satu hal yang penting agar proses migrasi ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar Manuelson.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mematikan siaran televisi analog dan beralih ke siaran televisi digital pada tahun ini. Semua siaran tv analog akan dihentikan pada 2 November 2022.

“Siaran televisi digital, masyarakat akan mendapatkan gambar dan siaran televisi yang bersih dan suara yang jernih. Tidak ada lagi gambar bersemut di layar atau siaran terganggu ketika hujan lebat, dengan alat set box,” jelasnya.

Di Maluku Utara masih minimnya sosialisasi oleh stakeholder terkait dengan migrasi siaran televisi analog ke siaran televisi digital kepada masyarakat sehingga dilakukannya kegiatan sosialisasi migrasi sistem televisi teresterial analog ke digital.

“Dengan kegiatan ini bisa membantu menyukseskan proses migrasi tv analog ke tv digital di Maluku Utara dan menjadi satu wadah yang dapat memberikan informasi terkait proses ini kepada seluruh elemen masyarakat di Malut,” imbuhnya. (Dickhy)
Berikut adalah Peta Wilayah Layanan siaran Televisi Digital,anatar lain Maluku Utara I Meliputi Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Ternate, mulai bersiaran pada 30 April 2022,Maluku Utara II meliputi Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Pulau Morotai, tidak Terdampak ASO. Maluku Utara III antara lain Kabupaten Halmahera Selatan, Kota Tidore Kepulauan mulai siaran 2022, pada 22 Agustus 2022, Maluku Utara IV Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Pulau Talibau, akan mulai bersiaran digital pada 2023 dan berakhir siaran analog tidak terdampak ASO dan Maluku Utara V Kabupaten Hamlahera Timur dan Kabupaten Halmahera Tengah, mulai bersiaran digital pada Tahun 2023 mendatang. (Iqbal Hamzah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.