Dilantik Ketua BNPT, Hasbi Pora Resmi Ketuai FKPT Maluku Utara

BATU, MALUTTODAY.com – Kepala Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Polisi Boy Rafli Amar, melantik Hasbi Pora sebagai Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) Provinsi Maluku Utara periode 2022-2025. Pelantikan berlangsung di hotel The Singhasari Resort, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang Jawa Timur, Senin (14/02/2022).

Selain Maluku Utara, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar juga melantik pengurus FKPT dari 33 provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya Boy mengatakn FKPT merupakan mitra BNPT, memiliki peran penting untuk melakukan pencegahan. Apalagi FKPT diisi berbagai latar belakang, diantaranya akademisi, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan dari media.

“Semoga kita bisa bersinergi mencegah dan menghadapi virus terorisme. Terus berjuang untuk tegak lurus dengan konstitusi negara,” ujar Boy.

Sementara itu Ketua FKPT Maluku Utara Hasbi Pora mengatakan kekerasan masih menjadi tantangan Indonesia di masa depan, ancaman teroris dan perilaku radikal akan terus menjadi ancaman kedamaian warga. Karena itu, bentuk-bentuk penanganan dan penanggulangan juga perlu terus berinovasi, mencari model penanganan yang tepat dan tentu membutuhkan kerjasama seluruh lapisan masyarakat.

“Kedepannya kita kerja sesuai dengan pedoman dan petunjuk dari BNPT pusat yang jelas kita di daerah melaksanakan sesuai dengan regulasi yang ada, serta berusaha melakukan pencegahan. Sedangkan untuk penindakan berada pada bidang lainnya dan Insha Allah tahun 2022, sudah kita jalan,” kata Hasbi yang juga Kepala Kesbangpol Provinsi Maluku Utara ini usai mengikuti pelantikan FKPT se Indonesia.

FKPT Maluku Utara, lanjut Hasbi, fokus pada sosialisasi dan pencegahan terkait dengan radikalisme, tentunya dana dari pusat. Selain itu, mengharapkan dukungan dana dari pemerintah daerah sehingga bisa memperkuat kerja lebih maksimal di lapangan.

“Kita juga akan masuk ke kampus-kampus, sekolah, sehingga sedini mungkin kita mencegah faham radikalisme, terutama di kalangan mahasiswa, khususnya pelajar SMA dan masyarakat umumnya,” jelas Hasbi.

Perlu diketahui, selain pelantikan juga dilaksanakan Rakernas 34 FKPT ke IX, dengan tema “BNPT Hadir, Indonesia Harmoni”, berlangsung 13-16 Februari 2022. Kegiatan ini di hadiri 34 FKPT se Indonesia, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut Pengurus Forum koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Maluku Utara.
Ir Hasbi Pora (Ketua)
H. Hidayatussalam, SH, MH (Sekretaris)
Hj. Nurkumala Rahman, SE (Bendahara)
Drs. Sarbin Sehe ( Ketua Bidang Agama, Sosial dan Budaya)
DR. Arlina Majid, S.S, M.Si (Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian)
Ali Lating, S.IP, MA (Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan)
Hj. Masni, B.S.A, SH, MH (Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan anak
Ikbal Arsyad, S.I.kom (Kabid Media Massa, Hukum dan Humas)

(Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *