Kapolda Maluku Utara: Hari Ini Vaksinasi Booster Serentak Dilakukan

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol Risyapudin Nursin.

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin, mengajak kepada seluruh masyarakat di Moloku Kieraha yang sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi dosis lanjutan (booster).

Karena Kamis (3/02) hari ini, resmi digelar serentak di seluruh kabupaten dan kota di Maluku Utara.

Vaksinasi booster dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor : HK.02.02/II/252/2022 tentang vaksinasi covid-19 dosis booster.

“Berdasarkan hasil studi menunjukkan terjadinya penurunan antibodi 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap, sehingga dibutuhkan pemberian dosis booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan,” ucap Risyapudin.

Risyapudin menambahkan, pelaksanaan vaksinasi booster sudah dapat dilakukan di pos pelayanan kesehatan, Puskesmas, gerai vaksin di seluruh Maluku Utara.

“Syaratnya dengan membawa KTP, kartu vaksin manual atau kartu vaksin pada aplikasi Pedulilindungi,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, menambahkan bahwa vaksin booster sudah dapat dilakukan bagi yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

“Jenis vaksin booster yang diberikan pada bulan Januari ini, yakni untuk penerima dosis primer Sinovac diberikan booster vaksin Astra Zeneca atau Pfizer, kemudian untuk penerima dosis primer Astra Zeneca diberikan booster vaksin Astra Moderna atau Pfizer,” katanya.

Mantan Dir Krimsus Polda Sulawesi Utara ini bilang, Polda Maluku Utara akan menggelar vaksinasi booster terhadap seluruh personel yang bertempat di lapangan apel Polda Maluku Utara pada Jumat (4/02) besok.

“Ini memberikan contoh kepada masyarakat, bersama kita sukseskan vaksinasi booster di Maluku Utara, ayo sama-sama kita lindungi diri dengan melakukan dosis booster untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dari bahaya COVID-19,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *