Cuaca Buruk di Loloda, 1 Rumah Warga Tertibun Longsor, Hingga Memutus Jaringan Listrik, Air dan Jalan Desa


HALBAR, MALUTTODAY.com – Curah hujan tinggi mengguyur wilayah Halmahera Utara, dalam dua hari terakhir, mengakibat banjir dan longsor di Desa Dedeta, Kecamatan Loloda Kepulauan, Minggu (16/01). Sebuah rumah warga dikabarkan tertimbun longsor. Selain itu, akibat cuaca buruk ini mengakibatkan jaringan listrik, air bersih dan jalan antar desa terputus.

Saat dikonfirmasi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara, Abner Manery mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi mengenai banjir dan longsor. Pihaknya baru mengetahuinya melalui media sosial, karena sulitnya akses dan terkendala jaringan komunikasi.

“Iya Informasinya seperti itu, itu pun kami dapat dari media sosial. Jaringan desa putus, tetapi yang detailnya kami akan turun ke lokasi kejadian besok Senin (17/01), untuk mengkroscek dan melakukan upaya penanganan lebih lanjut,” kata Kepala BPBD Halmahera Utara, Abner Maner, Minggu petang (16/01).

Abner menyatakan untuk data sementara terhimpun melalui Camat , terjadi kerusakan akibat longsor, diantaranya 1 unit rumah warga rusak, jalan setapak desa rusak berat, tiang listrik PLN dan perahu nelayan tersapu banjir hingga ke laut.

“Ini masih data sementara yang kita terima melalui camat, ada beberapa bangunan rusak akibat banjir dan longsor di sana. Sampai saat ini, masih kami berusaha menghubungi pemerintah desa, namun terkendala karena jaringan telekomunikasi terputus,” tutur Abner. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *