Update Gempa Halut: BPBD Maluku Utara Salurkan Bantuan logistik Pada Warga Terdampak

HALUT, MALUTTODAY.com – Pascagempa bumi dengan magnitudo 5,5, Senin (10/01) kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara, bergerak cepat menyalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji kepada warga Halmahera Utara yang terdampak.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala BPBD Provinsi Maluku Utara, Feby Alting, yang diterima oleh kepala BPBD Kabupaten Halmahera Utara, Abner Manery di posko Kecamatan Kao Barat, Selasa (11/01).

Logistik yang diserahkan berupa 100 karton mie instan, 50 karton air mineral dan 10 karton biskuit.

“Informasi yang kita terima, langsung bergerak cepat mendorong bantuan logistik kepada warga terdampak, bantuan tersebut berasal dari pemerintah melalui BPBD,” kata Feby.

Untuk logistik menjadi kebutuhan utama, berupa makanan dan juga tenda pengungsian, untuk membangun tenda bagi warga terdampak.

“Kebutuhan mendesak seperti logistik tenda pengungsian dan sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Hingga saat ini data sementara BPBD mencatat angka kerusakan bertambah menjadi 198 rumah warga dan 9 unit fasilitas umum, yakni gereja dan kantor desa.

Ada pun kerusakan, berjumlah 134 rusak ringan, 60 unit rumah rusak sedang dan 4 unit rumah rusak berat, 8 unit rumah ibadah dan 1 unit kantor desa.

“Belum ada kerugian materii. Tim masih melakukan pendataan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, pada Senin (10/01) kemarin, Halmahera Utara, diguncang gempa bumi 5,5 SR sekitar pukul 6.59 Wit. Gempa tersebut membuat warga panik dan lari berhamburan keluar rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dua orang terpaksa dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami patah tulang dan luka ringan akibat terkena reruntuhan bangun. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *