Sepanjang Tahun 2021, Lapas Ternate 6 Kali Gagalkan Penyelundupan Narkoba

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ternate, di tahun 2021, enam kali berhasil gagalkan penyelundupan sabu dan ganja.

Dari enam kali yang digagalkan, penyelundupan dari pintu utama dan pelemparan dari luar Lapas telah diserahkan ke Direktorat Reserse Narkotika (Ditresnarkoba) Polda Maluku Utara.

Dalam enam kasus, salah satunya berhasil digagalkan Petugas Pintu Utama (P2U) Lapas Ternate. Narkotika jenis ganja dan sabu itu diduga hendak diselundupkan oleh oknum driver ojek online (Ojol) yang dikemas dalam makanan ringan dan deterjen.

Dalam selundupkan ditemukan narkoba jenis ganja 15 saset kecil dan sabu sebanyak 4 saset.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ternate, Maman Hermawan kepada wartawan mengatakan langkah itu sebagai bentuk komitmen Lapas dalam memberantas narkoba.

“Yang berhasil digagalkan dan sudah dilaporkan ke Polda itu sebanyak 6 kali di tahun 2021,” jelas Maman, Selasa (11/01).

Maman menambahkan, modus yang dilakukan pelaku jika lewat pintu utama, seperti memasukkan narkoba ke dalam makanan, deterjen dan lainnya.

“Pernah kita gagalkan itu dimasukkan ke dalam makanan, dalam kemasan Rinso bubuk dan lainnya. Ada juga melalui belakang seperti melempar dari luar,” katanya.

Maman bilang ada juga lemparan yang ditemukan, hanya saja dalam lemparan itu dalam bungkusan tidak ditemukan narkoba, karena itu uji coba dari pelaku-pelaku narkoba.

“Ada lemparan yang zonk, dalam kemasan itu tidak ada narkoba, mereka uji coba saja, lempar batu yang dibungkus dengan plastik, tapi isinya tidak ada apa-apa,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *