Update Gempa Halut 5,5 SR: 198 Rumah dan 9 Fasilitas Umum Rusak

  • Whatsapp


HALUT, MALUTTODAY.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara melaporkan 198 rumah dan 9 unit fasilitas umum mengalami kerusakan pascagempa berkekuatan magnitude 5.5, Senin (10/01).

Kepala BPBD Halmahera Utara, Abner Manery mengatakan tim BPBD diterjunkan ke lokasi dan berupaya melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan kepala desa.

“Tim telah turun di lapangan dan masih melakukan pendataan, hingga malam ini, data sementara sebanyak 198 rumah dan 9 fasilitas umum mengalami kerusakan, diantaranya 134 unit rumah rusak ringan, 60 unit rumah rusak sedang, 4 unit rumah rusak berat, 8 unit rumah ibadah rusak sedang, 1 unit Kantor Desa Kusuri rusak ringan,” kata Abner.

Dia menyatakan gempa yang terjadi di Halmahera Utara mengakibatkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum rusak, tersebar di Desa Wangongira, Desa Kusuri, Kecamatan Tobelo Barat. Sementara Kecamatan Kao Barat, Desa Soamaetek, Desa Pitago, Desa Kai, Desa Bailengit, Desa Soa Hukum, Desa Tuguis, Desa Beringin Agung, Desa Parseba.

Gempa yang terjadi pukul 06.59 Wit, ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun 2 warga mengalami patah tulang akibat tertimpa bangunan dan telah dirawat di rumah sakit setempat.

Rencananya BPBD Halmahera Utara akan membangun tenda darurat bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan.

“Saat ini tidak ada pengungsi, warga yang rumahnya rusak parah sementara mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga. Untuk itu, rencananya esok hari kita bangunkan tenda darurat untuk mereka,“ ujar Abner.

Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo 5,5 SR mengguncang Kabupaten Halmahera Utara, pada Senin (10/01) sekira pukul 06.59 Wit, dengan lokasi Gempa 1.49 LU.127.85 BT, atau 4 kilo meter (KM) barat daya Tobelo.

BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, melaporkan jumlah gempa bumi utama dan susulan Tobelo, per tanggal 10 Januari 2022, hingga pukul 18.00 Wit, jumlah gempa bumi 83 kali, jumlah gempa bumi dirasakan 3 kali. (Dickhy).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *