Gempa 5,5 SR Guncang Halmahera Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Gempa dengan magnitudo 5,5 SR mengguncang Kabupaten Halmahera Utara, Senin (10/1) pagi. Gempa tersebut dirasakan cukup kuat di daerah Tobelo, Morotai, Jailolo dan Wasilei dan Kota Ternate.

Warga panik dan lari berhamburan keluar rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah bangunan dilaporkan rusak.

Berdasarkan data BMKG Maluku Utara, gempa 5,5 SR terjadi pukul 07.00 Wit di wilayah Kabupaten Halmahera Utara dengan koordinat 1,53 LU, 127,87 BT, berjarak 4 km barat daya Halmahera Utara, di kedalaman 10 km, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini dirasakan di Kota Tobelo dan Halmahera Barat dengan skala IV MMI. Sedangkan Ternate dan Wasilei III MMI.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Geofisika Ternate belum menerima laporan kerusakan akibat dari dampak gempa tersebut karena masih dilakukan pemantau oleh pihak terkait.

Sementara itu, beradasakan laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Halmahera Utara, tercatat 25 unit rumah dan fasilatas umum mengalami kerusakan.

Dengan rincian, di Desa Kusuri Kecamatan Tobelo Barat 21 rumah rusak ringan, 8 unit rumah rusak sedang, termasuk  balai desa dan rumah ibadah. Sedangkan di Kecamatan Kao Barat terdapat 6 unit rumah dan fasilitas umum rusak.

Selain itu dua orang warga juga dilaporkan menjadi korban akibat terkena reruntuhan bangunan.

Hingga saat ini BPBD Halmahera Utara masih terus melakukan kaji cepat dan pendataan di lokasi terdampak gempa. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *