Kejari Taliabu Limpahkan Berkas 2 Tersangka Korupsi Pengadaan Alkes ke Pengadilan

TERNATE, MALUTTODAY. com – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulau Taliabu, Maluku Utara, melimpahkan dua berkas perkara di Pengadilan Tipikor pada Pengadinal Negeri (PN) Ternate.

Dua berkasa tersangka dengan inisial HA dan AD terseret dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) berupa cold chain dan solar cell pada Dinas Kesehatan dan Keluarga Kerencana Kabupaten Pulau Taliabu pada tahun 2015.

Kedua tersangka diduga melakukan korupsi dan merugikan negara dalam kasus ini sebesar Rp 547.750.000.

HA diketahui merupakan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Pulu Taliabu. Dan AD selaku pelaksana pekerjaan.

Dalam kasus tersebut diketahui memiliki tiga orang tersangka, hanya saja satu tersangka dengan inisial AT ketika dilakukan pemanggilan sebanyak tiga kali tidak indahkan panggilan penyidik. Penyidik pun menetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

AT saat itu ia sebagai Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2015.

Kasi Pidsus Kejari Pulau Taliabu, Andi Yaprizal kepada wartawan mengatakan dalam kasus tersebut pihaknya menetapkan tiga orang sebagai tersangka.

“Dua orang sudah kita tahan, satu tersangka kita panggil sebanyak 3 kali tidak datang, kita tetapkan mantan Kadis sebgai DPO,” jelas Andi ketika ditemui di Ternate, Kamis (06/02).

Andi bilang, pada Rabu (05/01) kemarin pihaknya telah menyerahkan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor, saat ini kedua tersangka ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Ternate.

“Kemarin kita sudah limpahkan ke pengadilan, 2 tersangka saat ini ditahan di Rutan,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *