Gunung Api Gamalama Ternate, Keluarkan Asap Tebal Setinggi 150 Meter dari Puncak Kawah Gunung

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Gunung Api Gamalama Ternate, Maluku Utara, Senin pagi (3/1/2022) mengeluarkan asap putih setinggi 150 meter. Keluarnya asap putih dari kawah diduga tingginya curah hujan beberapa hari terakhir.

Dari pos pengamatan gunung api Gamalama, sekitar pukul 06-7.45 Wit pagi tadi, teramati asap putih, sedang hingga tebal membumbung tinggi sekitar 150 meter, dari atas puncak kawah.Meski mengeluarkan asap, namun terlihat dari alat seismograf, tidak ada peningkat gempa vulkanik, melainkan adanya gempa tektonik jauh dari sekitar kawah.

“Tadi sekitar pukul 6.00 – 7.45 Wit memang teramati asap putih sedang hingga tebal, yang tingginya sekitar kurang lebih 150 meter dari permukaan kawah. Tetapi dilihat dari kegempaanya tidak ada kegempaan vulkanik,” kata petugas pengamatan di Kantor Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Ternate, Senin (03/1/2022).

Menurut Dedi, intesitas asap yang tinggi itu disebabkan oleh adanya curah hujan tinggi yang beberapa hari terakhir ini.

“Intesitas asap yang tinggi itu, bisa disebabkan oleh dari beberapa hari ini kan curah hujan yang tinggi, hingga itu bisa mempengaruhi intensitas degassing atau keluarnya asap dari puncak kawah karena permukaan atau sekitar kawah yang basah bertemu dengan daerah kawah yang panas yang lebih tinggi,” tuturnya.

Hingga kini status gunung api Gamalama masih berada di level II waspada. Warga diimbau tidak beraktifitas pada radius 1,5 kilo meter. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *