Antisipasi Omicron, Pemerintah Batasi Pelaku Perjalanan Dari Luar Negeri

TERNATE, MALUTTODAY.com – Antisipasi masuknya omicron, varian baru virus covid-19 serta jelang perayaan natal dan tahun baru (nataru) pemerintah Indonesia akan melakukan pembatasan pelaku perjalanan dari luar negeri. Hal ini disampaikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, saat kunjungan kerja di Kota Ternate, Maluku utara, Kamis (23/12).

Pembatasan ini, kata Tito, dilakukan sebagai upaya mewaspadai virus varian terbaru omicron, yang terinfeksi melalui saluran pernafasan, selain itu masyarakat juga perlu meningkatkan protokol kesehatan.

“Pembatasan-pembatasan dari luar negeri, semua jadi pembatasan di laut, darat dan udara. Kita perketat dan memperkuat protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan,” jelas Tito saat memberikan keterangan pers usai rapat tertutup dengan Forkopimda di Sahid Hotel Ternate.

Selain itu, lanjut Tito, untuk mewaspadai virus omicron, pemerintah juga akan melakukan langkah-langkah tresing terhadap warga serta menyiapkan tempat-tempat kesehatan di daerah masing-masing.

“Kemudian memperkuat tresing sambil mempersiapkan tempat kesehatan di daerah masing-masing, sistem kesehatan, rumah sakit. Olehnya itu, mengantispasi kasus baru omicron, perlu waspada oleh karena itu periode tahun baru. Strategi pertama tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker dan tidak berkerumun,” tandasnya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.