Jelang Nataru, Kamar Warga Binaan Lapas dan Rutan di Ternate Digeledah

TERNATE, MALUTTODAY.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ternate dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Ternate, melakukan penggeledahan terhadap kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi).

Penggeledahan kamar hunian napi dilakukan secara serentak untuk mengantisipasi gangguan pada saat perayaan natal dan tahun baru (Nataru) di dalam Lapas dan Rutan. Dalam pelaksanaan penggeledahan seluruh pegawai dilibatkan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ternate, Maman Hermawan kepada wartawan mengatakan hasil barang temuan di kamar hunian telah diamankan dan sudah dilaporkan ke pimpinan.

“Dalam penggeledahan tidak ditemukan narkoba, hanya temukan handphone 2 unit, alat cas handphone, alat-alat listrik dan kabel,” jelas Maman.

Terpisah, Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Ternate, Sujatmiko mengatakan pihaknya juga telah melakukan penggeledahan sudah diamankan.

“Kali ini kita temukan 7 buah sendok, 2 buah pisau, 3 buah kartu remi, 1 kaleng cat, 1 dus obat nyamuk bakar, 2 kaleng semprot nyamuk,” katanya.

Sujatmiko menambahkan langkah yang diambil pihaknya untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan keamanan dan ketertiban, ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini.

“Gangguan keamanan yang biasanya muncul di sekitar perayaan Nataru. Biasanya yang lebih diwaspadai pada perayaan akhir tahun berupa peredaran narkoba,” katanya.

Sujatmiko bilang, pihaknya akan kembali mengadakan penggeledahan insidentil di waktu-waktu tertentu sebelum Nataru.

“Kami juga memperketat pengawasan barang-barang yang masuk ke Rutan. Adapun cuti untuk pegawai kami hentikan sejak 20 Desember sampai 2 Januari 2022,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.